Inilah Manfaat Yang Akan Terjadi Jika Kita Suka Berjalan Kaki

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya sudah tahu kalau berjalan kaki sangat baik bagi kesehatan. Jenis olahraga yang terbilang sangat mudah dilakukan ini bisa untuk menjaga berat badan tetap stabil, menurunkan berat badan yang berlebih dan menghindarkan dari resiko penyakit diabetes. Anda cukup melakukan berjalan kaki setidaknya 30 sampai 60 menit setiap hari.

Inilah yang akan terjadi pada tubuh kita jika suka berjalan kaki :

Menit 1 sampai 5

Saat pertama kali kita memulai berjalan kaki, maka yang terjadi pada tubuh adalah adanya pelepasan bahan kimia yang berdampak pada pembentukan energi yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk kita beraktivitas.

sumber gambar : http://necturajuice.com/

Bukan hanya itu saja, pada menit-menit pertama kita berjalan kaki akan mengalami peningkatan denyut jantung yang berdetak sekitar 70 sampai 100 kali dalam satu menitnya. Kondisi ini akan membuat aliran darah pada tubuh menjadi meningkat dan membuat otot kita mulai memanas. Bagi anda yang sering mengalami kekakuan sendi, maka tubuh akan berusaha untuk memproduksi cairan pelumas yang berfungsi menunjang pergerakan tubuh.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Kita Berhenti Minum Air ?

Yang membuat banyak orang suka adalah dengan berjalan kaki, maka pada setiap menitnya tubuh mampu membakar kalori sebanyak 5. Berbeda dengan saat kita istirahat yang hanya bisa membakar 1 kalori dalam setiap menitnya.

Menit 6 sampai 10

Saat aktivitas berjalan sudah mencapai 5 sampai 10 menit, maka denyut jantung akan meningkat antara 100 sampai 140 kali semenit. Secara otomatis aliran darah akan meningkat sehingga membuat pembuluh darah semakin melebar. Kondisi ini akan berdampak bagus karena banyak nutrisi dan oksigen yang dialirkan ke dalam tubuh. Pada kondisi ini tubuh mampu membakar sebanyak 6 kalori dalam satu menit.

Baca Juga  Bisakah Kita Meningkatkan Skor IQ ?

Baca Juga : Tips Membakar Lemak Dengan Mudah di Rumah

Menit 11 sampai 20

Ketika berjalan selama 11 sampai 20 menit, maka tubuh kita akan mulai mengeluarkan keringat untuk mengeluarkan pembakaran atau panas tubuh.

Pada saat ini tubuh kita mampu melakukan pembakaran sebanyak 7 kalori dalam semenit dan pernapasan kita juga meningkat. Untuk menunjang kinerja otot yang tinggi, maka tubuh mengkonpensasi dengan meningkatkan hormon epineprin dan glukagon.

Menit 21 sampai 45

Jika anda mampu berjalan kaki sampai 21 sampai 45 menit, maka akan ada banyak lemak dalam tubuh yang terbakar. Selain itu kondisi hormon insulin yang berfungsi menstabilkan gula darah juga berada pada jumlah yang stabil.

Baca Juga  Tips Alami Bebaskan Ketombe Pada Rambut

Menit 46 sampai 60

Pada menit 46 sampai 60 menit, maka tubuh kita akan merasakan lelah yang menandakan cadangan karbohidrat dalam tubuh sudah menurun sehingga otot-otot akan mengalami penurunan bahan bakar.

Jika kita melakukan sebuah pendinginan, maka akan memulihkan denyut jantung dan membuat pernapasan akan kembali normal seperti biasa. Yang pasti adalah tubuh akan terasa lebih segar, bersemangat dan banyak kalori yang terbakar.

Artikel Terkait : Apa Manfaat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *