Inilah Manfaat Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

cek tensi

InspirasiBersama.com – Ternyata kegiatan rutin melakukan cek tekanan darah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Melakukan rutin cek tekanan darah akan memberikan gambaran kepada kita tentang tekanan darah, apakah tinggi (hipertensi) ataukah rendah (hipotensi). Hal ini sesuai dengan saran dari Ibu Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek.

Dengan mengetahui secara dini tekanan darah, maka akan sangat membantu kita dalam pencegahan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah misalnya jantung dan stroke. Kita tahu bahwa kedua penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah yang tinggi.

Angka penderita hipertensi di Indonesia tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan buruknya pola makan dan hidup masyarakat Indonesia. Pola makan dan hidup  yang kurang sehat bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah tekanan darah tinggi (hipertensi).

Baca Juga  Konsumsi Makanan Yang Kaya Kandungan Omega 3 Bisa Meningkatkan Kesuburan

Baca Juga : Cara Mengenali Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak resiko yang akan terjadi jika kita membiarkan kondisi hipertensi terjadi. Diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, diabetes dan ginjal. Semua penyakit tersebut bukan tergolong penyakit yang ringan, melainkan berat yang sangat potensial merenggut nyawa manusia.

Bahkan menurut data Kemeterian Kesehatan RI, kebanyakan penyebab penyakit yang paling tinggi menyebabkan kematian yaitu jantung adalah disebabkan karena punya riwayat tekanan darah tinggi.

Ada banyak manfaat jika kita bisa rutin melakukan cek tekanan darah setidaknya sebulan sekali. Selain itu, para dokter juga menyarankan kepada wanita yang sedang hamil juga rutin melakukan cek tekanan darah karena hal itu sangat penting. Lantas bagaimana caranya agar kita terhindar dari hipertensi ? Untuk menghindari tekanan darah tinggi, maka lakukan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Kepalanya Terasa Pusing

Yang terpenting menurut Menteri Kesehatan RI adalah pencegahan penyakit dan bukan mengobati. Untuk mencegahnya dibutuhkan edukasi yang dilakukan secara terus-menerus agar masyarakat lebih tahu dan waspada tentang berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Saking banyaknya penderita hipertensi dari populasi manusia sedunia, maka pada tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai hari hipertensi sedunia. Dalam memperingati hari tersebut, Pemerintah melalui Kemeterian Kesehatan melakukan cek tekanan darah gratis yang dilakukan pada tanggal 17 Mei sampai 17 Juni 2016 mendatang.

Yang perlu diketahui adalah berapa ukuran tekanan darah dikatakan normal. Tekanan darah dikatakan normal jika berkisar 120 mmHg (sistolik) dan kurang dari 80 mmHg (diastolik). Kondisi tekanan darah yang melebihi 140 mmhg (sistolik) dan lebih dari 90 mmHg (diastolik) dikatakan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun jika ternyata tekana darah anda berkisar 120-139 mmHg (sistolik) dan 80-90 mmHg (distolik), maka anda berada pada kondisi pra-hipertensi yang harus diwaspadai.

Baca Juga  Saudara Kandung Tak Mesti Mempunyai Alergi Yang Sama

Artikel Terkait : Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *