Inilah Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

manfaat makan jamur

InspirasiBersama.com – Sejak lama banyak orang menganggap bahwa jamur menjadi salah satu makanan yang menyimpan banyak nutrisi bagi tubuh kita. Kandungan jamur yang kaya vitamin, mineral dan berbagai kandungan gizi membuat tumbuhan ini mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan.

Berikut detail manfaat konsumsi jamur bagi kesehatan :

1. Kaya akan vitamin B
Manfaat pertama mengkonsumsi jamur bagi kesehatan adalah mengandung banyak vitamin B. Ada banyak jenis vitamin B yang terkandung dalam jamur seperti riboflavin, folat, dan niasin. Dengan kandungan vitamin B yang tinggi, maka membuat proses metabolisme tubuh kita semakin baik.

2. Mengandung vitamin D
Ternyata jamur juga kaya akan kandungan vitamin D yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari vitamin D sendiri adalah membantu menyehatkan tulang, otot, saraf dan bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga  Sulitnya Menghindari Camilan Pada Sore Hari

Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin D dari berbagai sumber makanan yang lain jika dirasa sulit mengkonsumsi jamur. Makanan yang juga mengandung vitamin D adalah ikan dan telur.

3. Menunda penuaan
Manfaat ketiga mengkonsumsi jamur bagi kesehatan adalah bisa menunda penuaan. Hal ini disebabkan karena jamur kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh dan juga bisa membuat kita lebih awet muda.

Bukan hanya itu saja, ternyata jamur juga kaya akan kandungan selenium yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah bagus untuk kesehatan reproduksi, DNA, membantu fungsi kelenjar tiroid dan bisa menangkal banyak zat berbahaya atau radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita.

Baca Juga  Beberapa Jenis Asam Lemak Omega Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

Baca Juga : Makanan Apa Saja Yang Kaya Akan Kandungan Antioksidan

4. Meningkatkan cita rasa umami
Bagi pecinta jamur, maka saat kita mengkonsumsinya bersama makanan yang lain akan memberikan efek rasa umami atau gurih. Ini menjadi salah satu manfaat jamur bagi kesehatan. Jika anda belum pernah mencobanya, cobalah memasak jamur dengan bahan makanan yang lain dan rasanya akan lebih gurih.

 

5. Rendah kalori
Manfaat kelima jamur bagi kesehatan adalah sangat rendah kalori. Dalam semangkuk jamur hanya mengandung sekitar 20 kalori saja. Untuk kandungan protein jamur sekitar 2 gr. Untuk itu bagi anda yang ingin berat badan tetap terjaga, maka jamur bisa menjadi makanan alternatif yang sangat menyehatkan dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga  Adakah Pantangan Makanan Setelah Melakukan Operasi Caesar ?

Artikel Terkait : Ternyata Buah Semangka Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *