Inilah Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

header niko 728 x 90

melewatkan waktu makan

InspirasiBersama.com – Apakah anda termasuk orang yang sering melewatkan waktu makan ? Jika iya, maka ada dampak konsekuensi kesehatan yang akan kita peroleh. Saat kita sering melewatkan waktu makan maka yang akan terjadi pada tubuh kita adalah akan merasa kelaparan, anoreksia , bahkan membuat tubuh kita lemas tak bersemangat.

Ada banyak alasan mengapa orang sering melewatkan makan. Mulai dari banyaknya tuntutan pekerjaan yang tinggi sampai pada melakukan program diet yang ekstrem. Semua ini adalah tindakan yang kurang baik bagi kesehatan.

Saat kita melewatkan waktu makan dalam kurun waktu beberapa jam, maka biasanya tubuh kita masih cukup kuat dikarenakan tubuh melakukan pemecahan glikogen yang merupakan cadangan energi dalam tubuh kita.

Namun setelah lebih dari enam jam kita melewatkan waktu makan, maka yang terjadi adalah kita akan terasa sangat lapar yang memicu peningkatan emosional sehingga kita mudah marah. Kondisi ini disebut dengan hangry. Dalam kondisi ini tubuh kita sudah kehabisan cadangan glikogen yang bisa dipecah menjadi energi.

Baca Juga  Jangan Minum Teh Terlalu Banyak Saat Sahur

Secara fisiologis, saat tubuh kita mengalami lapar maka kondisi tubuh kita akan mengalami ketosis. Artinya tubuh akan berusaha untuk memecah lemak yang tertumpuk dalam tubuh untuk dijadikan cadangan energi. Namun dari segi kesehatan ini kurang bagus karena pemecahan lemak akan dipecah menjadi asam lemak yang secara fisiologis tidak mampu untuk menjadi nutrisi otak. Yang dibutuhkan otak kita saat kita lapar adalah gukosa. Glukosa menjadi sumber energi bagi otak untuk bisa berfungsi secara baik. Saat itu tubuh kita akan berusaha mencari sumber cadangan energi yang dibutuhkan oleh otak.

Baca Juga  Bisakah Seorang Wanita Melakukan Orgasme Berulang ?

 
Apa yang akan terjadi kalau sampai dalam kurun waktu 72 jam kita tidak makan apapun ?. Jika kita melewatkan makan sampai 72 jam tanpa makan apapun, maka otak kita akan memerintahkan tubuh untuk memecah cadangan protein yang terdapat pada otot untuk dipecah menjadi asam amino. Dari asam amino inilah akan dipecah kembali menjadi glukosa yang bisa bermanfaat untuk nutrisi otak. Namun yang terjadi adalah massa otot kita akan mengalami penurunan.

 
Bagi seorang wanita yang mengalami kekurangan nutrisi dalam waktu yang lama akan menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi. Disamping itu massa otot, kepadatan tulang dan libido juga akan mengalami penurunan.

Pada kondisi inilah tubuh kita akan terasa sangat lelah sehingga membuat daya tahan tuhan tubuh akan menurun secara drastis. Akibatnya adalah tubuh kita akan sangat mudah terserang penyakit.

Baca Juga  Manfaat Tidur Siang Selama Satu Jam Mampu Meningkatkan Memori Otak

Orang yang kehabisan cadangan akan glukosa dalam tubuh dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan masalah pada jantung. Jantung akan mengalami gangguan pada iramanya dan bisa memicu kematian. Itulah dampak jika sering melewatkan waktu makan. Belajarlah untuk makan secara teratur tepat waktu agar tubuh kita tetap sehat.

Artikel Terkait : Mengapa Berat Badan Bisa Turun Dengan Drastis ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *