Inilah Cara Belajar Anak Yang Mempunyai Gaya Kinestetik

header niko 728 x 90

Inspirasibersama.com – Dalam mengenali gaya belajar pada anak kita mengenal tentang kinestetik yaitu seorang anak yang tidak bisa diam saat belajar. Sebagai orang tua harus mengerti apa gaya belajar yang disukai oleh anak. Dengan mengetahuinya maka akan memudahkan anak untuk memahami pelajaran sekolah.

 

Kebanyakan metode pengajaran di sekolah kita mengharuskan anak untuk duduk diam dan mendengarkan ucapan Guru. Tentu hal ini sangat tidak disukai oleh anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik atau banyak bergerak. Untuk itu peran orang tua sangat besar untuk bisa membuat anak cepat paham saat belajar di rumah.

gaya-belajar-kinestetik

sumber gambar : dbagus.com

Banyak orang tua yang kurang bisa memahami gaya belajar anaknya. Hasilnya membuat anak kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Orang tua harus pandai-pandai mengajarkan anak untuk mengenali gaya belajar yang dia suka. Kalau memang suka belajar sambil bergerak, maka berikan suasana belajar yang mengasyikkan. Misalnya setelah belajar diberikan beberapa waktu untuk anak bebas bergerak sambil belajar. Hal itu akan membuat anak jauh lebih senang.

Baca Juga  Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Banyaknya Uang

Baca Juga : Efek Samping Sering Memaksa Anak Untuk Belajar Tak Sesuai Gayanya

 

Ada juga seorang anak yang saat belajar mengharuskan untuk banyak bergerak misalnya bermain basket. Jadi gaya belajar anak seperti ini jangan dimarahi, memang itulah cara anak untuk bisa lebih mudah memahami pelajaran. Anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih mudah memahami pelajaran atau belajar sambil banyak gerak misalnya bermain basket.

Baca Juga  Jangan Mengunggah 4 Foto Anak Anda Ini di Media Sosial

 

Memahami gaya belajar anak memang bukan perkara yang mudah bagi para orang tua. Untuk bisa mengetahui hal ini, maka orang tua harus lebih banyak menghabiskan waktu belajar dengan anak. Lakukan observasi saat anak belajar apakah lebih mudah paham dengan sambil bergerak atau hanya membaca dengan duduk manis.

 

Jadi kalau saat ini anak anda mendapatkan nilai akademik yang menurun, jangan terburu-buru untuk memvonis kalau anak kita bodoh. Padahal hanya dengan merubah gaya belajar anak bisa jauh lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan Guru.

Baca Juga  Dampak Minum Alkhohol Bagi Wanita Hamil

 

Dalam hal ini seorang Guru juga di tuntut untuk memahami gaya belajar masing-masing anak yang berbeda. Jangan selalu memaksakan metode pengajaran visual yang membuat murid dengan gaya belajar auditori (pendengaran) dan kinestetik (gerakan) menjadi terbebani dan bosan.

Artikel Terkait : Tips Mengetahui Gaya Belajar Seorang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *