Inilah Bahaya Pemakaian Tato Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

bahaya tato

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang tidak menyadari kalau pemakaian tato menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Kebanyakan jenis tato ini adalah yang bersifat permanen yang akan menimbulkan bekas pada kulit dalam jangka waktu yang lama.

Kita tahu bahwa tato biasanya disertai dengan pewarna yang berupa tinta. Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh European Chemicals Agency (ECHA) menyebutkan bahwa pewarna pada tato bisa menyebabkan seseorang mengalami kanker. Selain itu penggunaan zat dalam tato bisa menimbulkan efek samping yaitu rasa gatal yang bisa terjadi selama bertahun-tahun.

Baca Juga  Jenis Buah Yang Lebih Disarankan Dikonsumsi Bagi Wanita Hamil

ECHA menyebutkan bahwa dari sekian banyak jenis pewarna tato, warna merah menjadi pewarna tato yang paling berbahaya dibandingkan dengan warna lain. Meskipun demikian bukan berarti warna tato yang lain seperti hitam, hijau dan biru memiliki efek kesehatan yang rendah.

Dengan adanya hasil studi yang dilakukan oleh ECHA ini menjadi sebuah pukulan besar bagi pelaku industri tato di Eropa. Pasalnya sebelumnya belum ada studi yang menyebutkan kalau tato memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.

Pernyataan yang sama ternyata juga dilayangkan oleh Federal Drug Administration (FDA) yang menyebutkan bahwa bahaya penggunaan tinta tato yang sering digunakan oleh banyak orang. Efek samping itu bisa langsung muncul setelah tato dibuat dan bisa bertahan sampai bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga  Membatasi Asupan Gula Bisa Menjadi Tips Jitu Agar Tetap Fit dan Awet Muda

Saat ini tato memang menjadi sebuah gaya hidup orang modern. Mereka menganggap dengan memakai tato pada bagian tubuh membuat lebih percaya diri dan menunjukkan identitas kita kepada orang lain.

Dengan adanya hasil studi yang menunjukkan efek buruk penggunaan tato bagi kesehatan, maka sangat disarankan untuk tidak memakai tato yang permanen. Dari sudut pandang agama tato juga dilarang karena bisa menghalangi air menyentuh kulit saat kita wudhlu. Semoga dengan membaca artikel ini kita tidak lagi berkeinginan untuk memakai tato yang permanen.

Baca Juga  Manfaat Madu Untuk Mengatasi Jerawat Yang Membandel

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *