Inilah Bahaya Paparan Polusi Bagi Ibu Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sekarang ini kita tahu bahwa kemacetan sudah menjadi menu keseharian, terlebih bagi mereka yang bertempat tinggal di Jakarta. Banyaknya kendaraan bermotor yang tak sebanding dengan ruas jalan membuat kemacetan ada dimana-mana. Akibatnya adalah polusi udara yang tak bisa terhindarkan.

Jika polusi udara tidak bisa dikendalikan, maka mereka yang hidup di perkotaan akan beresiko besar mengalami berbagai gangguan kesehatan. Kondisi ini juga berlaku bagi wanita hamil.

sumber gambar : http://www.kabarindonesia.com/

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau wanita hamil yang tinggal di perkotaan, beresiko mengalami stres dan paparan polusi udara. Kondisi ini meningkatkan resiko mengalami pre-eklamsia dan memicu terjadinya peradangan yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kronik pada ibu hamil.

Baca Juga  Apakah Benar Minum Air Es Bisa Menyebabkan Gemuk ?

Baca Juga : Hamil di Usia 40-an Beresiko Bagi Kesehatan

Seorang wanita hamil yang mengalami pre-eklamsia, maka akan terjadi sebuah hambatan aliran nutrisi ke janin melalui plasenta. Kondisi pre-eklamsia akan menghambat aliran darah yang membawa banyak nutrisi ke janin. Dengan begitu, maka menganggu perkembangan janin dalam kandungan yang bisa meningkatkan resiko kematian ibu dan bayi.

Baca Juga  Tidur Bagaikan Investasi Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

Wanita hamil yang mengalami pre-eklamsia akan mengalami tekanan darah tinggi. Kondisi ini bisa dikenali dengan munculnya odema atau pembengkakan yang terjadi pada bagian wajah, tangan dan kaki. Selain itu juga terjadi nyeri kepala, gangguan penglihatan dan muncul nyeri disekitar tulang rusuk.

Ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan wanita hamil mengalami pre-eklamsia, dianataranya mengalami obesitas, sering mengalami tekanan darah tinggi sebelum hamil, mempunyai riwayat penyakit diabetes dan terakhir karena adanya riwayat keluarga yang juga mengalami pre-eklamsia.

Berdasaarkan sebuah hasil penelitian lain menyebutkan bahwa kondisi perkotaan yang padat dan penuh polusi bisa meningkatkan resiko beberapa penyakit diantaranya demensia, penyakit jantung dan asma.

Baca Juga  Apa Saja Tanda Anda Harus Segera Pindah Kerja

Artikel Terkait : Posisi Tidur Yang disarankan Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *