Inilah Alasan Mengapa Wanita Sulit Menikah Kembali Setelah Cerai

header niko 728 x 90

wanita single

InspirasiBersama.com – Sering kita melihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa seorang wanita yang setelah bercerai sulit untuk menikah kembali. Ini menjadi fenomena yang terjadi di masyarakat kita. Hal ini berbeda dengan seorang pria yang mudah untuk menikah kembali setelah cerai.

Hal ini terbukti dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Pew Research yang menyatakan bahwa ada empat dari sepuluh pernikahan yang terjadi pada tahun 2013 merupakan pernikahan yang kedua atau mereka yang duda atau singe parent yang ditinggal suami.

Dari hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa angka perkawinan pria duda lebih tinggi dibandingkan dengan janda yang menikah kedua kalinya. Hal ini menunjukkan pria lebih mudah untuk keluar dari masa lalu dan menatap untuk masa depan.

Baca Juga  Kenali Beberapa Makanan Yang Berkhasiat Membuat Kulit Awet Mudah

Seorang wanita yang enggan untuk menikah kembali setelah gagal pada pernikahan yang pertama adalah disebabkan karena mereka masih trauma dengan kegagalan pernikahan yang pertama.

Namun tidak semua wanita mempunyai pemikiran yang sama, ada juga beberapa wanita yang mengaku tidak trauma dengan kegagalan pernikahan yang pertama sehingga dia mau menikah untuk yang kedua kalinya.

Baca Juga  Seledri Punya Manfaat Menurunkan Tekanan Darah

Penyebab lain seorang wanita sulit menikah kembali setelah cerai disebabkan karena faktor keuangan dan emosional. Hal ini berbeda dengan seorang pria yang lebih tidak terbebani dengan kedua faktor tersebut.

Selain itu seorang wanita juga lebih jarang mendapatkan dorongan menikah kembali setelah bercerai dari keluarganya. Hal ini lebih erat kaitannya dengan adat masyarakat kita. Namun bagi seorang pria, dorongan untuk menikah kembali sering terlontar dari keluarga.

Dari segi agama, perceraian memang menjadi sesuatu yang dibenci oleh Tuhan. Namun bukan berarti manusia tidak boleh melakukan perceraian. Efek psikologis yang besar dari sebuah kegagalan menikah memang tidak mudah bagi seorang wanita untuk langsung melupakan dan menatap masa depan dengan menikah kembali.

Baca Juga  Sering Mengalami Gejala Sindrom Pra-menstruasi ? Redakan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Artikel Terkait : Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *