Inilah Alasan Mengapa Banyak Wanita Saat PMS Justru Nafsu Makan Meningkat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa masa PMS atau pra-menstruasi pada wanita adalah masa dimana seorang wanita menjadi lebih sensitif, gampang marah dan tentunya ada rasa nyeri yang terjadi pada bagian perut. Hal ini adalah benar adanya. Bahkan bukan hanya itu saja, ada hal yang unik dialami oleh banyak wanita yang masuk masa PMS yaitu mengalami peningkatan nafsu makan.

sumber gambar : http://www.dreamers.id

Apakah peningkatan nafsu makan saat PMS merupakan hal yang wajar ? Menurut para pakar kesehatan hal ini menjadi hal yang wajar terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Hormon yang berperan lebih aktif saaat wanita PMS adalah EOP atau peptida opioid andogen. Hormon ini ternyata bukan hanya bisa meningkatkan nafsu makan saja, tetapi juga mendorong seorang wanita untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu.

Baca Juga  Dampak Negatif Stres Bisa Membuat Cepat Pikun

Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa saat seorang wanita masuk masa PMS, maka akan cenderung mengalami perubahan nafsu makan atau masyarakat kita menyebutnya seperti ngidam. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang sangat diinginkan untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang biasanya disukai adalah makanan yang manis seperti cokelat. Cokelat adalah makanan yang dinilai tepat karena kandungan kakao yang tinggi kaya akan kandungan magnesium yang sangat dibutuhkan selama PMS.

Baca Juga  Inilah Alasan Seorang Wanita Sulit Menikmati Orgasme

 

Meskipun demikian para pakar kesehatan lebih menyarankan pada wanita PMS yang ingin mengkonsumsi cokelat untuk memilih jenis dark yang ternyata mempunyai kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Bukan hanya itu saja, cokelat jenis ini juga memiliki kandungan gula yang rendah jadi aman bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Benarkah Hubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Menyebabkan Hamil ?

 

Baca Juga  Untuk Melawan Obesitas, Olahraga Saja Tidak Akan Cukup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *