Inilah 5 Penyebab Seseorang Mengalami Pingsan

header niko 728 x 90

pingsan

InspirasiBersama.com – Sering kali kita melihat seseorang yang mengalami pingsan. Saat seseorang mengalami pingsan, maka orang tersebut akan kehilangan kesadaran dalam beberapa saat yang disebabkan karena aliran darah ke otak yang tidak mencukupi. Namun secara umum, ada 5 penyebab mengapa seseorang bisa mengalami pingsan.

Pingsan merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Sering kali kita melihat orang pingsan saat melakukan upacara, saat berolahraga, antri dalam kondisi yang panas dll. Namun berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa setiap orang beresiko mengalami pingsan setidaknya sekali dalam setahun.

Berikut 5 penyebab seseorang mengalami pingsan :

1. Dehidrasi
Penyebab pertama seseorang mengalami pingsan secara mendadak adalah karena kondisi dehidrasi. Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka volume darah dalam tubuh kita akan menurun. Kondisi ini akan membuat suplai atau aliran darah ke otak menjadi kurang sehingga otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Untuk mencegah kondisi dehidrasi, maka sebaiknya kita minum dalam jumlah yang cukup sekitar delapan gelas perhari.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Kanker Paru Punya Angka Kesembuhan Yang Rendah

2. Berdiri terlalu lama
Saat dulu kita masih di bangku sekolah tentunya sering melihat teman kita yang pingsan saat upacara berlangsung. Ternyata kondisi ini bisa disebabkan karena dehidrasi dan berdiri dalam waktu yang lama. Saat kita berdiri dalam waktu yang lama, maka aliran darah akan berkumpul pada daerah kaki. Oleh karena itu suplai darah ke otak menjadi berkurang. Untuk mencegah pingsan saat upacara, maka seringlah menggerakkan jari kaki atau merubah posisi berdiri agar aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Melihat darah atau faktor emosional
Penyebab seseorang mengalami pingsan selanjutnya adalah dikarenakan faktor emosional atau melihat darah. Bukan hanya melihat darah saja, segala sesuatu yang menjadi fobia, memancing emosi atau kekesalan juga bisa membuat seseorang pingsan. Kondisi ini terjadi karena saat kita fobia atau melihat darah maka membuat sistem saraf simpatik dan parasimpatik berbenturan yang menyebabkan kita kehilangan kesadaran.

Saat terjadi benturan saraf, maka membuat pembuluh darah menjadi melebar, tekanan darah menjadi turun, detak jantung menjadi lambat sehingga seseorang akan mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa pingsan.

Baca Juga  Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tempat Kerja Yang Terlalu Jauh

4. Kelelahan
Orang yang mengalami kelelahan fisik seperti bekerja dengan waktu yang sangat lama juga bisa memicu kehilangan kesadaran atau pingsan. Kondisi ini akan lebih berat jika kita juga mengalami kurang tidur.

5. Ada gangguan penyakit
Penyebab terakhir seseorang mengalami penurunan kesadaran atau pingsan adalah karena kondisi penyakit tertentu misalnya kadar gula yang rendah, serangan jantung, serangan stroke, tekanan darah yang terlalu rendah.

Yang paling sering dialami seseorang adalah tekanan darah yang terlalu rendah. Salah satu tanda kalau tekanan darah kita rendah adalah terasa pusing saat berpindah posisi dari duduk ke berdiri. Sering juga orang bisa pingsan karena merasa pusing saat bangun dari posisi duduk ke berdiri.

Yang perlu diperhatikan saat kita menjumpai seseorang yang tidak sadar adalah menolongnya. Cara yang benar menolong orang yang tidak sadar adalah membaringkannya pada tempat yang nyaman dan datar, angkat sedikit kedua kaki agar aliran darah lebih bagus mengalir ke otak, dan jangan diberikan minum sebelum orang tersebut sadar.

Baca Juga  Beberapa Mitos Yang Salah Tentang Penyakit Stroke

Banyak masyarakat kita yang salah dalam menolong orang yang tidak sadar. Biasanya kita akan langsung memberikan air minum dengan harapan pasien bisa lebih cepat sadar. Padahal menurut medis, hal itu tidak diperbolehkan karena sangat berbahaya karena bisa memicu aspirasi atau tersedak sehingga air akan masuk ke dalam saluran pernapasan yang memicu sesak napas. Anda cukup memberikan minyak kayu putih pada hidung pasien tersebut agar cepat sadar.
Artikel Terkait : Tanda-tanda Kalau Kita Mengalami Tekanan Darah Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *