Inilah 5 Langkah Cerdas Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi kamu seorang wanita harus waspada dengan yang namanya kanker payudara. Gaya hidup dan pola makan yang tak sehat kerap dikaitkan dengan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu dinilai sangat penting mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit mematikan ini.

sumber gambar : Tribunnews.com

Berikut beberapa langkah cerdas yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara :

1. Olahraga 150 menit per minggu
Langkah cerdas pertama yang harus kamu lakukan adalah hanya dengan berolahraga selama kurang lebih 150 menit dalam seminggu. Ini adalah angka yang jauh lebih rendah karena kita tak harus berolahraga setiap hari. Bahkan bagi mereka yang sudah pernah terdiagnosa kanker payudara sebelumnya, berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa dengan rajin berolahraga resiko muncul kembali kanker payudara bisa ditekan sampai 40 persen.

Baca Juga  Ternyata Ubi Ungu Kaya Akan Kandungan Antioksidan

2. Jangan terlalu gemuk

Langkah cerdas kedua yang harus anda lakukan adalah menjaga berat badan agar tak sampai gemuk. Menurut para pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang gemuk akan menyebabkan tubuh melepaskan sitokin yang memicu munculnya inflamasi dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, akibat ini juga menyebabkan sistem imun tubuh menjadi menurun.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

3. Kurangi lemak jahat

Kita semua tentunya sepakat kalau lemak jahat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Banyaknya tumpukan lemak jahat dalam tubuh akan memicu kenaikan berat badan atau bahkan obesitas yang akan meningkatkan tingginya resiko terkena penyakit kanker payudara.

4. Obat anti-estrogen

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa, sekitar 70 persen kasus kanker payudara terjadi pada wanita yang menopause. Ini semua dipengaruhi oleh kondisi hormonal yang tak lagi seimbang dalam tubuh wanita yang sudah menopause. Biasanya resiko ini meningkat pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.

Baca Juga  Bayi Yang Sering Menghisap Jari, Akan Mengalami Keterlambatan Bicara

5. Jangan merokok

Untuk mencegah munculnya penyakit kanker payudara yang harus kita hindari adalah merokok. Hal ini membuktikan kalau merokok bukan hanya memicu kanker paru saja, tetapi juga bisa memicu munculnya kanker payudara.

Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *