Inilah 5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Para Wanita

header niko 728 x 90

healthcare, medicine and breast cancer concept - woman with pink cancer ribbon

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang membuat banyak orang takut. Hal ini dikarenakan orang yang terkena kanker terkesan tidak mempunyai harapan hidup yang tinggi. Meskipun demikian, sebenarnya penyakit kanker ini bisa kita cegah. Berikut 5 jenis penyakit kanker yang sering menyerang para wanita :
1. Kanker usus besar

Jenis penyakit kanker pertama yang sering menyerang kaum wanita adalah kanker pada usus besar. Namun menurut American Cancer Society, jenis kanker ini mempunyai resiko yang sama pada seorang pria. Meskipun demikian penyakit kanker usus besar bisa kita cegah.

Menurut para ahli, untuk mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar perlu melakukan sebuah pemeriksaan screening yang dilakukan secara rutin. Pemeriksaan screening tersebut meliputi kolonoscopi yang bisa kita lakukan pada usia 50 tahun. Dan disarankan untuk melakukan ulang pada setiap 10 tahun.

Ada banyak manfaat melakukan sebuah kolonoscopi bagi kesehatan. Yang pertama adalah dengan melakukan kolonoscopi, maka bisa menegakkan diagnosa kanker usus besar. Selain itu awal mula munculnya kanker yaitu polip pada usus bisa diketahui sejak dini sehingga bisa diberikan obat agar tidak berkembang menjadi sebuah kanker.
2. Kanker tiroid

Baca Juga  Cara Membuat Bulu Mata Lebih Panjang dan Tebal Tanpa Melakukan Operasi

Jenis kanker kedua yang sering terjadi pada seorang wanita adalah kanker tiroid. Bahkan menurut American Cancer Society mengatakan bahwa prosentase pengidap kanker tiroid ini dalam 20 tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan.

Sekali lagi jenis penyakit kanker tiroid ini juga bisa kita cegah. Salah satunya adalah tidak disarankan untuk melakukan sebuah terapi yang bersifat berlebihan saat kita terdeteksi munculnya sebuah nodul. Jangan panik untuk melakukan operasi dengan segera.

Anda harus melakukan pemeriksaan lebih mendalam ke dokter untuk memastikan metode terapi yang harus dilakukan. Apakah anda harus mendapatkan terapi hormon atau pilihan terakhir yaitu melakukan operasi.
3. Kanker endometrium

Jenis kanker selanjutnya yang sering melanda kaum wanita adalah kanker endometrium atau dalam bahasa awan kanker rahim. Biasanya kanker jenis ini sering kali diderita oleh seorang wanita yang sudah menopause. Sampai saat ini belum ditemukan tes skrining yang paling tepat untuk mendeteksi keberadaan kanker ini.

Baca Juga  Inilah Tanda Kalau Bayi Kurang Mendapatkan Asupan ASI

Namun sekali lagi bukan berarti jenis kanker ini tidak bisa dicegah. Untuk mencegah kanker rahim, maka sangat disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini disebabkan karena kebanyakan kasus kanker rahim terjadi pada wanita yang memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas.
4. Kanker paru-paru

Sekarang ini kanker paru-paru juga sering melanda kaum wanita. Bahkan menurut American Lung Association mengatakan bahwa angka penderita kanker paru-paru dikalangan wanita meningkat tajam sekitar 98%. Yang membuat kita prihatin adalah kebanyakan dari mereka adalah para wanita yang merupakan perokok pasif.

Untuk mencegah terjadinya kanker jenis ini tidak lain adalah dengan cara tidak melakukan merokok dan menghindari asap rokok dilingkungan tempat tinggal. Jika anda tidak merokok, maka sangat penting untuk menghindari paparan asap rokok.
5. Kanker payudara

Baca Juga  Rokok Elektrik Tetap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Jenis kanker yang kelima yang sering melanda kaum wanita adalah kanker payudara. Dibalik itu ada kabar yang membuat kita bahagia yaitu saat ini angka penderita kanker payudara pada wanita mengalami penurunan sekitar 7 persen.

Meskipun angkanya menurun, namun bukan berarti kita boleh sembarangan. Kita harus selalu waspada dengan cara rutin melakukan pemeriksaan yang dilakukan pada tiap tahun jika usia kita sudah menginjak 45 tahun. Hal ini untuk mendeteksi dini adanya bibit kanker payudara.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendeteksi Dini Penyakit Kanker Payudara

Artikel Terkait : Benarkah Dengan Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kanker ?

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *