Inilah 5 Cara Meningkatkan Hubungan Antara Ayah dan Anak

header niko 728 x 90

hubungan ayah dan anak

InspirasiBersama.com – Seorang anak penting untuk mempunyai hubungan yang baik dengan ayahnya. Hal ini disebabkan karena hubungan yang baik antara anak dan ayah akan membentuk kepribadian anak yang berdampak pada karier dan cara mencari pasangan bagi anak. Untuk itu penting sekali kita meningkatkan hubungan antara ayah dan anak.

Berdasarkan sebuah hasil studi menyatakan bahwa ada banyak manfaat yang diperoleh bagi anak akan hubungan yang baik dengan ayahnya, diantaranya anak akan menjadi seseorang yang tangguh, suka dengan hal-hal yang baru, berani ambil resiko, serta mempunyai daya tahan yang kuat jika mendapatkan masalah sulit.

Bagi seorang anak perempuan, hubungan yang kurang baik atau kurang adanya rasa kepercayaan pada ayah akan membuat kesuksesan anak menjadi terhambat.

Baca Juga : Dampak Orang Tua Yang Sering Stres Terhadap Prestasi Anak

Untuk itu sebagai seorang ayah sangatlah penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan anak kita. Berikut 5 cara meningkatkan hubungan antara ayah dan anak yang bisa kita lakukan :

Baca Juga  Pola Belajar Yang Membuat Anak Malah Bodoh

1. Cari tahu masalah utama

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab utama hubungan kita dengan anak tidak terjalin dengan baik. Dengan menemukan masalahnya, maka kita bisa merencanakan solusi yang tepat untuk mengatasi hubungan yang kurang baik dengan anak.

2. Fokus pada hal yang positif

Cara kedua untuk meningkatkan hubungan antara ayah dan anak adalah dengan cara fokus pada hal yang positif. Sering kita melihat seorang anak yang tidak setuju dengan pola pemikiran ayahnya. Dari situ maka anak bisa menjaga jarak dengan ayahnya. Namun bagi seorang anak sebaiknya berfikir yang positif tentang ayah kita. Masalah perbedaan pemikiran hanya dijadikan hal sepele yang tidak membuat hubungan anak dengan ayah menjadi kurang baik.

Baca Juga  Kebiasaan Ini Tanpa Kita Sadari Bisa Mempengaruhi Mood

3. Tanyakan mengenai kegiatannya dan tawarkan bantuan

Tips selanjutnya adalah dengan cara menanyakan tentang apa yang menjadi kegiatan ayah dan kita menawarkan bantuan. Sebetulnya ini cara lama, yaitu kalau kita ingin mendekati seseorang, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencoba tertarik dengan apa yang dilakukan atau kegiatan orang tersebut. Tidak sampai disitu saja, setelah mengetahui kegiatan ayah kita maka sebaiknya kita menawarkan bantuan untuk meringankan kegiatan ayah kita.

Dengan demikian akan bisa membangun hubungan komunikasi yang baik antara seorang ayah dengan anak.

4. Bicarakan hari-hari terbaik yang dilalui bersama sang Ayah

Mengingatkan atau bercerita tentang masa lalu yang terkesan antara ayah dan anak akan membuat memori kasih sayang muncul kembali. Ceritakan tentang kebersamaan bersama anak saat dulu yang penuh kasih sayang sehingga akan muncul kembali rasa saling memiliki dan muncul rasa kasih sayang.

Baca Juga  Alasan Mengapa Vagina Menjadi Kering

5. Berikan batasan yang jelas

Bagi anda yang ternyata memiliki seorang ayah yang selalu memantau dan mencampuri urusan privasi anak, misalnya dalam urusan pasangan, buka telepon genggam, maka sebaiknya anda dan ayah membuat kesepakatan tentang batasan privasi yang jelas.

Itulah 5 cara meningkatkan hubungan antara ayah dan anak yang sangat erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian dan kesuksesan anak.

Artikel Terkait : Tips Mendidik Anak Ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *