Inilah 4 Cara Yang Tidak disarankan Dalam Pemakaian Minyak Zaitun

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun mempunyai manfaat yang banyak. Selain enak di buat kuliner minyak zaitun juga ternyata mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Karena manfaatnya itulah minyak zaitun banyak di buruh baik untuk di konsumsi sendiri ataupun untuk diperdagangkan.

Namun manfaat minyak zaitun akan berkurang jika anda salah dalam pemakaiannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang tidak disarankan dalam pemakaian minyak zaitun.

sumber gambar : cloudinary.com

Untuk menggoreng

Menurut para ahli nutrisi mereka mengatakan jika manfaat minyak zaitun akan hilang dan bahkan akan berbahaya bagi tubuh jika di panaskan melebihi suhu 320 derajat untuk yang extra virgin dan 420 untuk yang virgin.

Baca Juga  Benarkah Tekanan Darah Ibu Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi ?

Namun ternyata hal itu tidak semuanya benar, karena menurut salah satu ahli minyak zaitun yang bernama Luisito Cercaci , jika minyak zaitun tidak akan berbahaya bagi tubuh meskipun dipanaskan di suhu 320 – 420 derajat.

Namun yang terjadi ialah rusaknya asam lemak Omega-3 dan antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun. Karena itulah jangan gunakan minyak zaitun untuk menggoreng jika anda tidak mau kandungan baiknya rusak.

Baca Juga : Beberapa Fakta Tentang Minyak Zaitun Yang Perlu diketahui

Untuk memanggang

Tahukah anda jika makanan dan sayuran jika akan dipanggang diolesi minyak zaitun akan mempunyai rasa yang lebih lezat tidaklah benar karena jika anda memanggang menggunakan gas grill maka yang terjadi rasa makanannya malah akan seperti gas.

Baca Juga  Benarkah Semut Jepang Bagus Untuk Penderita Diabetes ?

Chef Marck Vetri menyarankan jika mau memanggang makanan lebih disarankan menggunakan minyak sayur, setelah makanan itu masak barulah di olesi dengan minyak zaitun .

Untuk kebutuhan kue tertentu

Banyak resep kue yang menyarankan untuk mengganti mentega dengan minyak zaitun. Namun perlu diketahui jika rasa minyak zaitun sangat kuat yang dapat merusak rasa kue itu sendiri.

Namun bukan berarti minyak zaitun tidak bisa dibuat tambahan membuat kue. Kue panggang jenis muffin salah satunya kue yang bahannya bisa ditambahkan minyak zaitun.

Penghilang Jerawat

Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat buat kecantikan seperti pelembab kulit,sebagai campuran sabun dan losion,untuk minyak pijat dan perawatan lainya. Namun taukah anda jika minyak zaitun dapat membuat masalah pada kulit yang rentan berjerawat. Hal ini karena sifat minyak zaitun yang comedogenic atau dapat menyumbat pori pori.

Baca Juga  Tanda Kalau Ibu Hamil Mengalami Kekurangan Zat Besi

Untuk anda yang mempunyai kulit rentan berjerawat jangan gunakan minyak zaitun untuk perawatan wajah karena dapat menyumbat pori pori, sebaiknya anda menggunakan minyak bunga matahari untuk perawatan karena sifatnya yang tidak menyumbat pori pori.

Artikel Terkait : Apa Saja Kandungan Gizi Pada Minyak Zaitun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *