Ini Yang Akan Terjadi Jika Kita Berhenti Makan Daging

header niko 728 x 90

batasi daging merah

InspirasiBersama.com – Fenomena makan daging yang bisa membuat banyak resiko penyakit membuat banyak orang memutuskan untuk mengurangi konsumsi daging. Hal itu terbukti dalam sebuah hasil survey yang dilakukan oleh British Social Attitute yang menyatakan bahwa banyak masyarakat Inggris yang saat ini mengurangi konsumsi daging. Apa yang akan terjadi jika kita berhenti makan daging ?.

Sebelumnya sudah banyak studi yang menyatakan bahwa banyak konsumsi daging merah erat kaitannya dengan penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskuler. Alasan itulah yang membuat banyak orang di dunia kini menghindari konsumsi daging merah. Mereka lebih banyak memilih menjadi vegetarian karena lebih menyehatkan. Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh jika kita mengurangi konsumsi daging, diantaranya :

 

1. Berat badan turun
Hal pertama yang akan terjadi jika kita berhenti konsumsi daging adalah berat badan kita akan cenderung turun. Tentu ini sangat baik bagi anda yang menginginkan berat badan ideal. Bahkan dalam sebuah hasil riset menyatakan bahwa seseorang yang mengurangi konsumsi daging terbukti bisa menurunkan berat badan mereka rata-rata 5 kg. Itu hanya karena faktor mengurangi konsumsi daging saja, belum jika gi tambah dengan rutin melakukan olahraga setiap hari.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Berolahraga

2. Bakteri di usus berubah
Ternyata berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang gemar konsumsi daging merah memiliki bakteri usus yang jauh berbeda dengan mereka yang memilih mengurangi daging atau menjadi vegetarian. Ini menjadi bukti yang nyata kalau mengurangi konsumsi daging membawa banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Baca Juga : Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kanker Pada Usus

3. Kekurangan nutrisi
Seseorang yang menyukai konsumsi daging dibandingkan dengan vegetarian cenderung memiliki kadar nutrisi yang kurang. Saat seseorang banyak mengkonsumsi daging, maka banyak sumber vitamin seperti zat besi, vitamin B, B12, A yang kurang tercukupi. Hal ini disebabkan banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayuran.

Baca Juga  Tips Mengatasi Rasa Bosan Dengan Melakukan Hobi

4. Risiko kanker berkurang
Tahukah kita bahwa WHO menyatakan bahwa makanan olahan yang berasal dari daging ternyata dikategorikan sebagai makanan yang bisa memicu kanker. Jadi apabila kita bisa mengurangi konsumsi makanan yang berbau daging, maka kita akan bisa mengurangi resiko kanker dalam tubuh kita. Mulai sekarang bagi anda yang ingin terbebas dari kanker, batasi makan daging. Sebaiknya anda lebih banyak makan-makanan buah dan sayuran.

Baca Juga  Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Pendengaran

 

5. Risiko sakit jantung turun
Hal ke lima yang akan terjadi jika kita mengurangi konsumsi daging adalah mengurangi resiko jantung. Akhir-akhir ini banyak kalangan ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap efek makan daging merah dengan munculnya penyakit jantung. Ternyata hasilnya benar, banyak makan daging erat kaitannya dengan masalah jantung. Kita tahu penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomer 1 didunia yang sering mengancam jiwa penderitanya.

Artikel Terkait : Manfaat Sering Makan Sayur Membuat Kita Panjang Umur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *