Ini Tandanya Kalau Kita Terlalu Banyak Konsumsi Gula Saat Puasa

header niko 728 x 90

makanan manis

InspirasiBersama.com – Tidak dapat kita pungkiri bahwa dengan menyantap menu makanan yang manis dan segar menjadi hal yang sangat nikmat. Namun tahukah kita bahwa deretan menu makanan dan camilan manis saat berbuka puasa bisa memicu tingginya kadar gula dalam darah. Untuk mengantisipasi hal yang demikian, maka penting kita mengetahui tanda kalau kita terlalu banyak konsumsi gula saat puasa.

Yang akan terjadi jika kita terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula adalah gangguan pada kesehatan seperti meningkatnya kadar gula serta memicu obesitas.

Agar kita terhindar dari hiperglikemia atau peningkatan kadar gula darah dan obesitas, maka perlu kita mengetahui apa saja tanda kalau kita terlalu banyak konsumsi gula saat puasa :

Mengidamkan yang manis-manis
Tanda yang pertama kalau kita terlalu banyak konsumsi gula adalah mengidamkan makanan atau minuman yang manis-manis. Menurut salah seorang pakar mengatakan bahwa apabila seseorang banyak mengkonsumsi gula, maka secara otomatis keinginan untuk makan dan minum makanan yang mengandung gula akan meningkat.

Baca Juga  Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

Ini menunjukkan kalau kita banyak konsumsi gula maka bisa membuat kita seperti ketagihan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis lagi. Bukan berarti kondisi ini disebabkan karena kurangnya kadar gula dalam tubuh kita.

Baca Juga : Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Konsumsi Buah

Merasa lamban sepanjang hari
Tanda selanjutnya adalah kita akan mengalami merasa lamban sepanjang hari. Hal ini disebabkan karena saat kita banyak konsumsi jenis makanan dan minuman yang mengandung gula, maka secara otomatis akan membuat kadar gula darah akan meningkat. Kondisi ini juga akan memicu meningkatnya produksi insulin dalam tubuh kita.

Pada kondisi ini tubuh kita akan merasa energi yang tidak stabil yang membuat kita merasa lamban atau lelah. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, maka sebaiknya kita kurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dan kita ganti dengan menu banyak serat dan protein.

Baca Juga  Benarkah Perut Yang ‘Six Packs’ Belum Tentu Kuat

Berat bertambah
Saat seseorang banyak konsumsi gula, maka itu sama halnya dengan kita terlalu banyak konsumsi kalori dalam tubuh kita. Orang yang banyak konsumsi gula akan merasa sulit untuk kenyang yang membuat nafsu makan tetap besar yang bisa memicu peningkatan berat badan.

Selain itu meningkatnya berat badan juga bisa disebabkan karena tingginya kalori yang terkandung dalam gula yang membuat proses netralisir kadar gula oleh insulin menjadi kesulitan yang berdampak pada potensi meningkatnya berat badan.

Masalah kulit
Tanda selanjutnya kalau kita terlalu banyak konsumsi gula adalah adanya masalah pada kesehatan kulit. Orang yang banyak makan makanan yang mengandung gula akan membuat peningkatan kadar insulin yang juga mempengaruhi hormon lain dalam tubuh yang membuat tumbuhnya jerawat pada kulit kita.

Timbulnya banyak rongga di gigi
Tanda terakhir kalau kita terlalu banyak konsumsi gula adalah bisa menimbulkan banyak rongga dalam gigi kita. Saat banyak asupan makanan manis dalam tubuh kita, maka banyak pula bakteri yang akan masuk pada mulut dan gigi kita. Kondisi ini akan membuat gangguan pada gigi berupa munculnya rongga atau gigi berlubang.

Baca Juga  Dampak Negatif Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Membuat Bodoh

Tahukah kita bahwa bakteri yang masuk dalam mulut kita bersama dengan makanan manis  membuat pertumbuhan bakteri semakin baik. Hal ini disebabkan karena jenis makanan manis akan merusak pH dan ekosistem alami yang terdapat pada mulut.

Artikel Terkait : Berat Badan Meningkat Justru Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *