Ini Dia Resiko Besar Wanita Yang Merokok Bisa Menyebabkan Perdarahan di Otak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa seorang wanita yang mempunyai kebiasaan merokok akan menyebabkan resiko besar mengalami perdarahan di otak. Banyak para wanita yang belum mengetahui tentang hal ini. Ayo mulai sekarang berhenti merokok.

 

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan peneliti yang berasal dari American Heart Association mengatakan bahwa jika seseorang baik wanita maupun pria yang mempunyai kebiasaan merokok, maka bisa meningkatkan resiko perdarahan dalam otak. Namun angka tersebut lebih tinggi terjadi pada wanita.

real young woman smokes on the street, selective focus

sumber gambar : www.teruskan.com

Perdarahan dalam otak merupakan kondisi medis yang sangat berbahaya yang sangat mungkin untuk menyebabkan pasien mengalami kejang, koma dan pada akhirnya menuju ke kematian. Banyak kalangan medis yang mengenal perdarahan ini sebagai perdarahan subarachnoid.

Baca Juga  Mengatasi Trauma Yang disebabkan Karena Persekusi

Para peneliti juga mengingatkan akan resiko besar ini yang terjadi bagi para perokok terutama wanita. Wanita ternyata lebih beresiko mengalami perdarahan di otak yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Semakin banyak rokok yang anda hisap, maka semakin besar pula resiko itu muncul.

Baca Juga : Benarkah Jika Ibu Merokok Akan Meningkatkan Resiko Sakit Paru-paru Pada Anak ?

 

Dalam studi tersebut juga ditemukan kalau seorang wanita bisa sampai menghabiskan 21 sampai 30 rokok perhari, maka resiko untuk mengalami perdarahan dalam otak akan sangat besar yaitu delapan kali lipat, wow sungguh luar biasa.

 

Berbeda dengan seorang pria yang tergolong perokok berat, mereka juga beresiko besar mengalami perdarahan di otak, namun hanya tiga kali lipat. Sangat jauh berbeda dengan seorang wanita yang menjadi perokok berat.

Baca Juga  Gejala Ringan Serangan Stroke Yang Bisa dikenali

 

Kasus perdarahan di otak dalam dunia kedokteran sering kali dialami oleh mereka yang menderita stroke yang perdarahan. Sering kali kondisi pasien yang mengalami perdarahan di otak pada kasus stroke lebih berat dibandingkan dengan stroke yang hanya sumbatan pada pembuluh darah saja.

 

Lantas bagaimana cara aman agar terhindar dari resiko perdarahan di otak ? Cara terbaik adalah dengan menghindari merokok sama sekali. Kalau anda masih mempunyai kebiasaan merokok meskipun hanya beberapa batang dalam sehari, maka resiko perdarahan otak akan tetap ada.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Memicu Kegemukan

 

Kalau anda bijak sebenarnya tidak ada manfaat kesehatan yang kita dapatkan jika kita merokok. Justru ada banyak sekali resiko penyakit yang akan kita dapatkan diantaranya kanker paru, darah tinggi, stroke, serangan jantung dan perdarahan otak. Semua itu memang pilihan apakah kita mau hidup sehat atau hidup dengan ditemani banyak penyakit.

Artikel Terkait : Dampak Negatif Merokok didepan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *