Ini Dia Penyebab Sering Merasa Gatal Pada Organ Genital Wanita

header niko 728 x 90

vagina gatal

InspirasiBersama.com – Apakah anda termasuk seorang wanita yang sering merasakan gatal pada organ intim ?. Bagi yang pernah merasakan, tentu kondisi ini sangat membuat tidak nyaman dan sulit sekali untuk menggaruknya. Selain itu pada area ini kita juga harus berhati-hati dalam menggaruknya karena sangat sensitif.

Secara umum penyebab gatal pada organ genital wanita disebabkan karena faktor dalam dan luar. Kalau faktor luar bisa disebabkan karena penggunaan pakaian dalam yang tidak cocok. Sedangkan faktor dari dalam bisa disebabkan karena adanya infeksi pada organ intim itu sendiri.

Inilah penyebab seringnya terasa gatal pada organ intim wanita :

– Bakteri vaginosis
Penyebab pertama sering merasakan gatal pada organ intim wanita adalah disebabkan karena faktor bakteri yang disebut dengan bakteri vaginosis (BV). Munculnya bakteri ini lebih disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara bakteri dalam vagina dan tingkat keasaman vagina. Saat terjadi bakteri vaginosis maka akan menimbulkan rasa gatal dan cairan yang menimbulkan bau. Jika anda mengalami hal yang demikian, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemberian terapi.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Perlu diketahui Tentang Tumor Rahim

– Infeksi jamur
Penyebab selanjutnya adalah karena adanya infeksi jamur. Penyebab adanya infeksi jamur ini juga disebabkan karena kadar asam dalam vagina tidak normal. Yang menyebabkan ketidakseimbangnya keasaman vagina bisa disebabkan karena adanya stres, menggunakan jenis obat antibiotik, hubungan seksual dan mempunyai riwayat diabetes.

Saat terjadi infeksi jamur pada vagina, maka akan memicu rasa gatal dan mengeluarkan sebuah cairan yang berwarna putih kental. Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami hal yang demikian.

Baca Juga : Apa Saja Efek Samping Sabun Pembersih Vagina

– Dermatitis kontak
Penggunaan bahan seperti parfum, bercukur, menggunakan kondom, lubrikan dll juga bisa menyebabkan kondisi dermatitis kontak pada vagina. Hal ini akan menyebabkan rasa gatal, kemerahan, terasa tebal pada vagina dan bisa juga sampai bengkak. Untuk itu sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakan produk yang berhubungan dengan organ intim wanita karena sangat sensitif.

Baca Juga  Mengusir Ketombe Dengan Minyak Zaitun Dan Lemon

– Eksim atau psoriasis
Penyebab ke empat rasa gatal pada vagina adalah disebabkan karena adanya eksim dan psoriasis. Pada vagina yang terkena eksim dan psoriasis akan mengalami rasa gatal dan menimbulkan kemerahan pada area vagina. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa menggunakan jenis obat salep steroid golongan ringan untuk menghindari rasa gatal.

– Infeksi menular seksual
Rasa gatal pada organ intim wanita juga bisa disebabkan karena adanya penyakit menular seksual (IMS). Adapun jenis penyakit menular infeksi ini berupa herpes, chlamydia, gonorhea dan kutu pada pubis. Rasa gatal yang disebabkan karena infeksi ini bisa sampai terasa seperti terbakar. Selain itu muncul cairan pada vagina yang berbau tidak sedap dan kencing terasa panas. Jika mengalami gejala demikian, segera periksakan ke dokter.

Baca Juga  Inilah Manfaat Konsumsi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

– Hormon
Seorang wanita sering kali mengalami fluktuasi hormon setiap bulannya. Kondisi ini biasa terjadi saat menjelang haid, hamil, menopause dan mereka yang menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi. Ketidakseimbangnya hormon ini akan bisa membuat vagina menjadi gatal dan kering.

Artikel Terkait : Mengapa Organ Intim Mempunyai Bau Yang Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *