Ini Dia Mitos Tentang Minum Air Es

header niko 728 x 90

mitos minum air es

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang masih percaya bahwa minum air es bisa membuat kita gemuk. Hal ini terbukti bahwa sampai saat ini kita masih sering ada larangan untuk konsumsi air es agar terhindar dari kegemukan. Benarkah Demikian ? Ternyata minum air es bisa menimbulkan obesitas hanyalah sebuah mitos saja.

Menurut para ahli gizi, secara ilmiah belum terbukti adanya pengaruh minum air es terhadap peningkatan berat badan seseorang. Sejatinya air es seperti air mineral biasa yang tidak mengandung kalori. Untuk itu jika kita konsumsi air es tidak akan menimbulkan efek peningkatan berat badan. Namun para ahli gizi mengatakan jika kebiasaan minum air es dibarengi dengan suka konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung gula dan lemak, maka resiko peningkatan berat badan akan meningkat.

Baca Juga  Bahaya Hipertensi Yang Tak Terkontrol Bisa Menyebabkan Demensia

Saat kita mengkonsumsi air es atau dingin, maka tidak serta merta akan langsung diserap oleh tubuh kita. Namun tubuh kita akan melakukan adaptasi penyesuaian suhu terhadap air dingin yang kita minum. Untuk menyesuaikan suhunya, tubuh kita secara alami akan melakukan pembakaran kalori. Dengan demikian jika anda mempunyai kebiasaan minum air es maka jangan takut untuk menjadi gemuk.

Untuk itu saat seseorang berpuasa dan melakukan buka puasa, maka para ahli gizi sangat menyarankan untuk minum air yang mempunyai suhu yang hampir sama dengan tubuh kita yaitu minum air hangat dan manis untuk memberikan kalori karena habis puasa.

Baca Juga  Seberapa Efektif Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun Cuci Piring ?

Selain itu, ada sebuah anggapan bagi seorang ibu yang hamil yang sering mengkonsumsi air es akan melahirkan bayi dengan berat badan yang besar pula. Hal ini hanyalah mitos saja. Menurut salah seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang bernama Budi Iman Santoso mengatakan bahwa minum air es saat hamil tidak ada kaitannya dengan melahirkan bayi dengan berat badan yang besar. Bahkan menurut dokter Budi apabila seorang wanita hamil tidak pernah minum air dingin, maka bisa memicu memiliki bayi dengan berat badan yang rendah.

Baca Juga  Kenali Potongan Rambut Yang Sesuai Untuk Anda Yang Nyaris Botak

Namun bagi ibu hamil yang sedang dalam kondisi tubuh yang menurun seperti lagi flu, maka sangat disarankan untuk menghindari konsumsi air es terlebih dahulu. Hal ini ditakutkan ibu hamil yang lagi mengalami penurunan daya tahan tubuh akan mudah sakit.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Kelebihan Minum Air Hangat Dibandingkan Dengan Air Dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *