Ini Dia Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

header niko 728 x 90

keju

InspirasiBersama.com – Bau mulut kerap membuat seseorang tidak nyaman bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri. Bau mulut bisa terjadi meskipun kita sudah melakukan sikat gigi secara rutin. Hal ini disebabkan karena faktor makanan yang kita konsumsi. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa memicu bau mulut, simak sampai selesai ya.

Ini dia makanan yang bisa memicu bau mulut yang membuat kita tidak nyaman :

– Keju
Makanan pertama yang memicu bau mulut adalah keju. Hal ini disebabkan karena dalam keju banyak terkandung asam amino yang saat masuk mulut kita akan bereaksi dengan bakteri mulut yang membentuk produksi sulfur. Sulfur inilah yang membuat mulut kita menjadi bau setelah makan keju.

Bukan hanya itu saja, bagi seseorang yang mengalami intoleran terhadap laktosa yang banyak terdapat pada produk susu akan beresiko besar mengalami bau mulut. Hal ini disebabkan karena saat kita konsumsi produk susu, maka akan ada banyak laktosa yang tidak mampu dipecah oleh tubuh sehingga membuat banyak asam amino menumpuk dan memicu aroma sulfur yang membuat mulut kita bau.

Baca Juga  Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif

– Kopi
Tahukah kita bahwa kebiasaan sering minum kopi dapat membuat mulut kita menjadi bau. Hal ini disebabkan karena saat ada banyak kafein yang masuk dalam mulut, maka akan berdampak pada memperlambat produksi air liur dalam mulut. Kita tahu bahwa air liur dalam mulut berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang masuk ke mulut. Kalau produksi air liur sedikit, maka akan ada banyak bakteri di dalam mulut yang memicu bau tidak sedap.

Baca Juga  Lakukan Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Melakukan Chiropractic

Kondisi ini akan lebih parah saat pagi hari setelah kita bangun tidur. Pada saat tersebut produksi air liur akan secara normal sedikit, sehingga memicu bau mulut yang lebih tidak sedap. Untuk menghindari bau mulut karena kafein, maka disarankan untuk melakukan sikat gigi setelah konsumsi kopi.

– Steak
Seperti halnya pada keju atau produk susu lainnya, konsumsi daging merah juga banyak mengandung protein berupa asam amino yang akan bereaksi dengan bakteri saat masuk ke dalam mulut kita. Saat itulah akan membuat mulut kita menjadi bau karena faktor sulfur.

– Wine
Jenis makanan selanjutnya yang memicu bau mulut adalah wine. Kita tahu bahwa minum alkohol akan membuat tubuh kita menjadi dehidrasi. Saat dehidrasi itulah akan ada penurunan produksi air liur dalam mulut kita sehingga memicu banyak bakteri untuk lebih banyak. Bukan hanya itu saja, red wine juga bisa memicu gigi mudah ditempeli oleh bakteri karena bisa merusak lapisan pada gigi.

Baca Juga  5 Tips Dalam Merawat Rambut Supaya Indah

– Rokok
Rokok bukan hanya terkenal akan dampak buruknya bagi kesehatan, kebiasaan suka merokok juga akan membuat mulut kita menjadi berbau. Hal ini disebabkan karena banyaknya zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam mulut kita saat merokok.

Artikel Terkait : Apa Pentingnya Menggunakan Obat Kumur ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *