Ini Dia Dampak Negatif Sering Menggunakan Korek Kuping

header niko 728 x 90

membersihkan telinga

InspirasiBersama.com – Saat kita berusaha membersihkan telinga pasti menggunakan korek telinga atau cotton buds. Cotton buds merupakan alat yang sangat familiar dikalangan masyarakat karena fungsinya yang sangat vital untuk membersihkan telinga. Namun tahukah kita bahwa sering menggunakan korek kuping atau telinga mempunyai dampak negatif. Hal ini bisa terjadi saat kita memasukkan korek kuping terlalu dalam.

Kalau kita belajar tentang organ telinga, maka di dalam telinga kita ada yang namanya serumen atau yang lebih kita kenal dengan kotoran telinga. Kotoran telinga atau serumen ini dihasilkan oleh sebuah kelenjar yang ada dalam telinga yang bersifat seperti lilin yang berwarna kuning sampai kecoklatan.

Baca Juga  Sering Mengalami Ketindihan Saat Tidur ? Ini Penjelasannya

Nah saat ada banyak serumen atau kotoran telinga inilah maka kita sering menggunakan korek telinga untuk mengeluarkannya. Namun pernahkah kita berfikir bahwa apa yang kita lakukan dengan mengeluarkan serumen justru bisa memicu kotoran masuk lebih dalam ke gendang telinga. Hal ini bisa terjadi saat kita menggunakan cotton buds yang ujungnya terbuat dari kapas.

Apa yang terjadi saat kotoran telinga terdorong lebih dalam ke bagian gendang telinga ?.Jika hal ini terjadi, maka akan membuat gendang telinga kita tidak bisa bergetar dengan baik saat ada suara yang masuk. Akibatnya kita mengalami gangguan fungsi pendengaran.

Baca Juga  Pentingnya Menimbang Berat Badan Setiap Hari Untuk Mencegah Obesitas

Ada ungkapan dari para ahli THT yang berasal dari Oxford University Hospitals yang mengatakan bahwa sebenarnya kita tidak perlu membersihkan telinga dengan menggunakan alat semacam cotton buds. Hal ini dikarenakan secara alami telinga kita bisa membersihkan diri. Artinya jika kita menggunakan bantuan alat untuk membersihkan kotoran telinga, maka secara tidak langsung kita mengganggu pembersih alami yang dimiliki oleh telinga kita.

Jika anda mengalami kelebihan jumlah kotoran dalam telinga anda, maka sangat disarankan untuk datang ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) untuk dibersihkan. Jika hanya terdapat kotoran pada telinga bagian luar, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air yang bersih.

Baca Juga  Tidur Cukup Merupakan Awal Yang Bagus Untuk Mereka Yang Banyak Pikiran

Artikel Terkait : Penyebab Telinga Sakit Setelah Berenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *