Ini Dia Beberapa Masalah Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh AC

header niko 728 x 90

dampak negatif AC

Semua orang pasti merasa nyaman saat berada di ruang yang ber AC ( pendingin ruangan ). Apalagi akhir-akhir ini suhu dilingkungan kita terbilang panas dan membuat kita gerah. Dibalik dinginnya AC, ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan apabila kita tidak rajin melakukan pembersihan pada AC kita.

Berikut beberpa masalah kesehatan yang bisa timbul jika AC kita kotor / jarang dibersihkan :

1. Gangguan pernapasan
Salah satu dampak negatif jika AC kita jarang dibersihkan adalah bisa merusak pernapasan kita. AC yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang mikroorganisme yang apabila terhirup oleh tubuh kita bisa membuat kita mengalami gangguan pernapasan yaitu radang pada paru.

Baca Juga  Makin Banyak Orang Yang Suka Produk Perawatan Berbahan Alami

2. Sakit kepala dan merasa sakit

Pernahkah anda mengalami kepala pusing dan meriang saat anda berada pada ruangan yang ber AC ? jika pernah maka hal itu disebebkan oleh AC tersebut. Tetapi saat anda keluar dari gedung yang ber AC tadi, maka rasa meriang dan pusing tadi pelan-pelan hilang dengan sendirinya. Hal ini disebut “sick building syndrome”. Ini berarti ada masalah pada AC ( pendingin ruangan tadi ).

3. Terkontaminasi

Ruangan yang ber AC rata-rata akan ditutup dengan rapat dan jarang terlihat terbuka. Hal ini akan menyebabkan sirkulasi udara dalam ruangan tadi tidak ada. Hasilnya apabila didalam ruangan tadi ada virus atau bakteri maka akan lebih cepat menyebar. Hal ini berbeda dengan ruangan yang tanpa menggunakan AC.

  1. Kulit kering
Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sayur Cepat Layu Meskipun Sudah Masuk Kulkas ?

Saat kita berada pada ruangan yang ber AC dalam waktu yang lama, maka kulit kita akan terasa lebih kering. Hal ini tidak hanya terjadi pada kulit kita saja, tetapi bisa juga terjadi pada rambut kita.

  1. Lebih sering ke dokter

Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata orang yang keseharian mereka sering menggunakan AC, maka lebih sering mengalami gangguan kesehatan. Hal ini ditandai dengan banyaknya mereka yang sering menggunakan asuransi kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Biasanya masalah yang terjadi adalah gangguan telinga-hidung dan tenggorokan ( THT ).

Baca Juga  Mengapa Orang Yang Makan Keripik Sulit Untuk Berhenti ?

 

Artikel Terkait : Penyebab Kulit Terlihat Cepat Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *