Ini Dia Alasan Mengapa Sikat Gigi Sangat Disarankan Ganti Tiap 3 Bulan

header niko 728 x 90

pentingnya mengganti sikat gigi

InspirasiBersama.com – Kebanyakan orang kurang memperhatikan kondisi sikat gigi. Bahkan sering kita jumpai sikat gigi yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan namun tetap masih dipakai oleh penggunanya. Pengen tahu alasan mengapa sikat gigi sangat disarankan untuk ganti tiap 3 bulan sekali ?

Menurut para dokter gigi, sangat menyarankan untuk mengganti sikat gigi dalam waktu 3 bulan sekali. Anjuran ini bukan tidak alasan, dengan rutin mengganti sikat gigi 3 bulan sekali maka bisa mengurangi bakteri yang menempel pada sikat gigi sehingga mulut dan gigi kita tidak terkontaminasi.

Selain resiko banyaknya bakteri pada sikat gigi yang jarang di ganti, sikat gigi yang jarang diganti juga membuat proses menyikat gigi menjadi kurang optimal. Dampaknya adalah masih banyaknya bakteri dan kotoran yang menumpuk pada celah-celah gigi yang jika dibiarkan akan menjadi sebuah plak gigi. Plak pada gigi yang jika dibiarkan tidak disikat maka akan menjadi keras dan menjadi sebuah karang gigi. Apabila sudah menjadi karang gigi maka sangat sulit untuk menghilangkannya dengan hanya menyikat gigi.
Sikat gigi yang lama tidak diganti juga membuat kondisi sikat gigi menjadi megar dan bulu sikat menjadi pendek sehingga saat kita gunakan untuk menyikat gigi menjadi kurang nyaman dan kurang bisa membersihkan gigi dan mulut dengan baik.

Baca Juga  Manfaat Sering Membacakan Dongeng Kepada Anak Bisa Memberikan Pelajaran Yang Baik

Tahukah kita gigi yang berlubang bisa disebabkan karena adanya plak pada gigi. Apabila plak menempel pada bagian gusi, maka bisa menyebabkan gusi menjadi meradang dan iritasi.

Jika anda pernah merasakan betapa sakitnya radang pada gusi, maka saya berani bilang anda pasti kapok. Artinya saking sakit dan cekot-cekotnya, nyeri bisa menjalar sampai pada kepala. Disamping itu radang gusi juga bisa menyebabkan gusi mudah berdarah dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Baca Juga  Jenis Buah Yang Lebih Disarankan Dikonsumsi Bagi Wanita Hamil

Untuk bisa menghindari beberapa macam masalah pada gigi, gusi dan mulut maka sangat penting untuk rajin melakukan sikat gigi. Lakukan sikat gigi secara rutin dua sampai tiga kali dalam sehari dan sebelum kita tidur. Disamping itu teknik menyikat gigi juga sangat berperan dalam membersihkan gigi dan mulut. Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk mengganti sikat gigi anda setidaknya 3 bulan sekali.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa ASI Jauh Labih Baik dibandingkan Dengan Susu Formula

Artikel Terkait : Bahayakah Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Pemutih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *