Ini Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

header niko 728 x 90

dampak buruk minuman berenergi

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai orang yang sangat menyukai minuman berenergi. Padahal andai mereka tahu kalau minuman berenergi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan terutama bagi tekanan darah dan kesehatan jantung. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata sering konsumsi minuman berenergi akan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan irama jantung kita.

Setelah munculnya produk minuman berenergi, banyak para ahli yang melakukan penelitian tentang efek minuman berenergi. Kalau kita melihat di toko swalayan atau toko-toko kecil pinggir jalan hampir selalu kita menjumpai minuman berenergi yang menurut para penjual laris manis. Namun sangat disayangkan karena jenis minuman ini ternyata mempunyai dampak yang negatif bagi kesehatan yaitu meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan meningkatkan irama jantung.

Baca Juga  Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga

Ada banyak para ahli yang berasal dari Amerika yang melakukan penelitian tentang efek konsumsi minuman berenergi ini. Dengan hasil yang didapat, para peneliti sangat menghawatirkan tentang beredarnya minuman berenergi. Hal ini dikarenakan dalam minuman berenergi ada banyak zat yang digabungkan seperti kafein, guarana dan ginseng. Tujuan dari pembuatan minuman berenergi adalah mampu menstimulasi orang yang minum agar lebih merasa kuat.

Pada penelitian ini, para peneliti dari Amerika Serikat melakukan pengamatan terhadap 27 orang dewasa sehat yang berusia rata-rata kurang dari 40 tahun. Para responden diberikan minuman berenergi dan dilakukan pengamatan. Hasilnya menunjukkan mereka yang mengkonsumsi minuman berenergi akan mengalami peningkatan tekanan darah dan peningkatan kerja jantung yang mempengaruhi irama jantung. Hal itu berbeda dengan para responden yang tidak mengkonsumsi minuman berenergi.

Baca Juga  Manfaat Sering Makan Wortel Bisa Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Banyak orang yang mengkonsumsi minuman berenergi dengan alasan badan mereka merasa capek padahal tuntutan pekerjaan belum selesai. Dengan konsumsi minuman berenergi mereka mengaku mampu melakukan tuntutan pekerjaan yang tinggi dengan baik meskipun kurang melakukan istirahat. Ini adalah fenomena yang terjadi pada banyak masyarakat kita. Tentu ini adalah gaya hidup yang tidak sehat yang meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

Baca Juga  Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Besar

Dengan seringnya seseorang konsumsi minuman berenergi akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan resiko penyakit jantung. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab banyak penyakit berbahaya lainnya diantaranya stroke dan jantung. Jika anda ingin terhindar dari jenis penyakit berbahaya tersebut, mulai sekarang kurangi kebiasaan konsumsi minuman berenergi.

Artikel Terkait : Mau Tahu Efek Minuman Bersoda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *