Ini Bedanya Nyeri Dada Serangan Jantung dan Asam Lambung

header niko 728 x 90

nyeri dada akibat jantung

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang kurang bisa membedakan antara nyeri dada akibat serangan jantung dengan nyeri akibat asam lambung yang meningkat. Memang gejala yang ditimbulkan agak mirip, namun ternyata ada perbedaan antara keduanya.

Kalau kita mendapati nyeri dada yang disebabkan karena serangan jantung, maka yang harus anda lakukan adalah pergi ke IGD rumah sakit. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan masalah pada jantung yang ditandai dengan nyeri dada bisa menjadi pertanda buruk bagi kesehatan jantung kita. Kita tahu bahwa serangan jantung bisa sangat mengancam para penderitanya secara tiba-tiba. Untuk itu sangat disarankan untuk segera membawa IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Namun pada kenyataannya, ada banyak pasien yang datang ke rumah sakit dengan keluhan nyeri dada ternyata hanya mengalami heartburn.

Baca Juga  Manfaat Bermain Golf Bagi Kesehatan

Bagi orang awam memang sulit membedakan antara gejala serangan jantung dengan heartburn. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa panik saat mengalami heartburn yang di akibatkan oleh peningkatan asam lambung sehingga mendorongnya untuk datang ke IGD.

Berikut bedanya nyeri dada serangan jantung dengan gejala asam lambung :

Ini dia gejala khas dari keluhan asam lambung.

1. Pada kasus asam lambung biasanya pasien akan merasa panas atau terbakar pada area bawah tulang dada.

2. Jika keluhan peningkatan asam lambung dibarengi dengan sesak napas, maka biasanya nyeri yang ditimbulkan tidak menjalar ke leher, bahu dan lengan. Tetapi tidak menutup kemungkinan pasien juga mengalami nyeri yang menjalar.

Baca Juga  Benarkah Anak Yang Lahir Caesar Beresiko Besar Mengalami Alergi ?

3. Nyeri yang terjadi pada kasus asam lambung biasanya akan muncul pada saat pasca makan, saat melakukan olahraga, saat dibuat berbaring dan saat dilanda kecemasan.

4. Jika pada kasus asam lambung, setelah anda minum obat pereda asam lambung (antasida) maka gejala akan hilang

5. Kasus gejala asam lambung, biasanya tidak disertai dengan keringat dingin.

Sedangkan pada nyeri dada akibat serangan jantung akan menimbulkan gejala berikut :

1. Tanda khas pertama adalah adanya sesak napas.

2. Disamping mengalami sesak, ada serangan nyeri yang terjadi pada area dada tengah yang rasanya seperti ada sesuatu yang mengikat dada dengan kuat.

3. Selain itu gejala serangan jantung biasanya munculnya rasa nyeri pada dada yang terjadi secara mendadak dan berlangsung lama dan semakin memburuk.

Baca Juga  Mengenal Obat Biosimilar dan Keunggulannya

4. Disertai dengan kepala yang terasa pusing

5. Selain itu nyeri dada yang terjadi juga menjalar ke bagian tubuh yang lainnya misalnya leher, bahu, lengan dan rahang.

6. Setelah diberikan nitrogliserin, nyeri dada akibat serangan jantung biasanya akan reda

7. Tanda yang terakhir adalah nyeri dada yang terjadi disertai dengan adanya keringat dingin.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala-gejala Ringan Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *