Ini Alasan Saat Kita Berciuman Cenderung Memejamkan Mata

header niko 728 x 90

Selena Gomez, Justin Bieber

InspirasiBersama.com – Kalau kita mengamati seseorang yang sedang berciuman, pasti cenderung untuk memejamkan mata. Apa alasannya ?. Kebanyakan diantara kita menganggap ini merupakan respon gerakan yang alamiah saat seorang wanita dan pria melakukan ciuman.

Untuk mengetahui penyebab secara ilmiah, ada dua orang psikolog yang melakukan penelitian mengapa saat berciuman cenderung untuk memejamkan mata. Kedua psikolog tersebut bernama Pilli Dalton dan Sandra Murphy.

Untuk mengungkap secara ilmiah, kedua peneliti melakukan pengamatan terhadap beberapa respon den yang diberikan perlakuan untuk mencari beberapa huruf yang berbeda-beda. Saat mereka mencari huruf, tangan dari responden dipasang sebuah alat getar.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Malas Cenderung Memiliki IQ Yang Tinggi ?

Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa bagi para responden yang mencari huruf yang sulit untuk dicari, mereka cenderung tidak merasakan adanya getaran pada tangan mereka. Para responden hanya fokus pada mata untuk mencari huruf yang belum ditemukan. Para peneliti mengumpamakan kegiatan mencari huruf sama seperti saat kita berciuman namun dengan mata terbuka.

Artinya saat seseorang melakukan kegiatan berciuman dengan lawan jenis, maka secara alami otak kita akan sulit untuk fokus terhadap aktivitas indera yang lain. Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology Human Perception and Performance.

Baca Juga  Apa Manfaat Rutin Minum Susu Saat Bulan Puasa ?

Saat kita membuka mata saat berciuman dan mendapatkan rangsangan secara visual, maka yang terjadi adalah fokus otak kita akan secara otomatis akan mengalami perubahan yang drastis.

Dengan membuka mata dan melakukan pandangan saat berciuman akan bisa mengurangi perasaan nyaman dan menikmati dari aktivitas ciuman. Oleh karena itu saat kita berciuman akan cenderung untuk memejamkan mata.

Baca Juga  Benarkah Banyak Mengkonsumsi Kedelai Bisa Membuat Pria Menjadi Feminim ?

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Saat Berciuman Ada Sekitar 80 Juta Mikroba Yang Ditularkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *