Ini Alasan Minum Obat Tidak Boleh Bersamaan Minum Susu

header niko 728 x 90

minum obat bersamaan dengan susu

InspirasiBersama.com – Pernah mendengar kalau minum obat tidak boleh saat bersamaan dengan susu ?. Ya itu adalah anggapan yang benar. Berdasarkan ilmu farmakologi menyatakan saat kita minum obat disertai dengan minum susu akan menimbulkan reaksi pada tubuh kita. Artinya adalah saat kita mengkonsumsi beberapa jenis antibiotika dan jenis antasida bersamaan dengan minum susu akan menimbulkan gangguan penyerapan pada lambung dan usus. Bukan berarti obat tersebut menjadi tidak berkhasiat atau netral oleh karena susu.

Saat kita meminum obat atau produk yang mengandung kalsium tinggi disertai dengan susu, maka bisa membuat reaksi gumpalan. Gumpalan inilah yang nantinya mengganggu penyerapan obat, bukan menyebabkan obat menjadi netral. Saat terjadi gumpalan pada obat akan membuat kadar obat menjadi turun.

Baca Juga  Penyebab Seorang Anak Merokok di Usia Dini

Apa yang menyebabkan gumpalan saat obat masuk bersamaan dengan susu ?. Kandungan susu yang kaya akan kalsium menyebabkan reaksi gumpalan terhadap zat kimia yang terkandung dalam obat. Biasanya jenis obat yang sering menggumpal saat bersamaan dengan susu adalah antibiotik seperti tetrasiklin yang berfungsi dalam membunuh infeksi pada saluran pernapasan, urin dan kulit.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya susu diminum sebelum anda minum obat. Atau juga anda minum saat perut terasa kosong. Disamping itu sangat penting juga untuk membaca petunjuk yang terdapat pada bungkus obat sebelum kita minum obat. Hal dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin ?

Obat yang dapat dikonsumsi bersamaan dengan susu

Ternyata tidak semua jenis obat tidak boleh diminum bersamaan dengan susu. Ada beberapa jenis obat yang secara medis memeng disarankan minum bersamaan dengan susu. Contohnya adalah obat golongan NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatoey Drug) diantaranya simvastatin, ibuprofen dan aspirin.
Mengapa jenis obat NSAID sangat bagus dikonsumsi bersamaan dengan susu ?. hal ini dikarenakan sifat dari obat jenis ini adalah lipofilik atau mudah larut dalam lemak. Maka saat kita konsumsi jenis obat ini bersamaan dengan susu yang kaya akan lemak maka penyerapan obat akan lebih maksimal. Selain itu jenis obat ini juga bisa mengiritasi lambung kita jika kita belum makan. Jika anda belum makan dan mau mengkonsumsi obat jenis NSAID maka bisa menggunakan susu sebagai alternatif pengganti nasi.

Baca Juga  Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang

Sumber : Intisari Online

 

Artikel Terkait : Tips Mengenali Obat Yang Kadaluarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *