Ini Alasan Mengapa Pria Cenderung Mudah Gemuk Setelah Menikah

header niko 728 x 90

pria gemuk setelah menikah

InspirasiBersama.com – Pria yang cenderung mudah gemuk setelah menikah merupakan mitos yang banyak berkembang dikalangan masyarakat kita. Mereka beranggapan bahwa bagi seorang pria yang mengalami peningkatan berat badan pasca menikah, memberikan arti bahwa seorang istri berhasil membahagiakan suaminya, memberikan kenyamanan pada suami dan berhasil mengurus suaminya.

Padahal fenomena mudah gemuk yang terjadi pada seorang pria setelah menikah merupakan fenomena kesehatan yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Families, Systems anda Health Journal yang melakukan sebuah penelitian tentang mitos seorang pria yang mengalami kegemukan setelah menikah. Penelitian ini melibatkan sebanyak 2300 pria dewasa baik yang belum dan sudah menikah. Hasilnya adalah memang benar seorang pria yang setelah menikah akan cenderung mengalami peningkatan berat bedan sampai 25% dibandingkan dengan pria yang masih belum menikah. Biasanya para pria yang sudah menikah akan mengalami kenaikan berat badan 4,5 kg dibandingkan dengan sebelum menikah.

Baca Juga  Ibu Bijak Harus Tahu Bagian-bagian Kulkas dan Fungsinya

Menurut para pakar kesehatan, seorang pria yang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah disebabkan oleh karena adanya penurunan jumlah hormon testosteron apalagi jika sudah mempunyai seorang anak. Disisi lain justru kadar prolaktin akan mengalami peningkatan saat seorang pria sudah menikah dan mempunyai seorang anak. Artinya adalah saat seorang pria sudah melakukan nikah maka hormon libido atau testosteron mengalami penurunan akibat kebutuhan akan seks mereka terpenuhi. Berbeda sekali bagi seorang pria yang lajang yang cenderung mengalami peningkatan hormon libido atau testosteron.

Baca Juga  Sering Melakukan Oral Seks Akan Meningkatkan Resiko Kanker

Selain faktor hormonal, seorang pria yang sudah menikah akan mempunyai ketenangan tersendiri dalam keluarga barunya. Mereka merasa lebih nyaman dan bahagia bersama pasangan barunya dalam mengarungi kehidupan sehari-hari. Karena dua hal itulah mengapa seorang pria yang sudah menikah cenderung mengalami kenaikan berat badan dari pada mereka yang masih lajang.

 

Baca Juga  Benarkah BAB Yang Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tak Sehat ?

Artikel Terkait : Tanda Testosteron Pria Menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *