Ini Alasan Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Kepalanya Terasa Pusing

header niko 728 x 90

pusing akibat hipertensi

InspirasiBersama.com – Hipertensi atau dikenal dengan darah tinggi merupakan penyakit yang saat ini penderitanya terus meningkat setiap tahunnya. Mulai dari orang tua sampai usia muda bisa terkena darah tinggi. Sering kita melihat para penderita tekanan darah tinggi yang mengeluhkan kepala pusing. Apa yang menyebabkannya ? Ini alasan mengapa saat darah tinggi membuat kepala menjadi pusing.

Kalau kita mengamati, darah tinggi atau hipertensi disebabkan olah banyak faktor. Mulai dari keturunan sampai pada pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kita tahu bahwa manusia modern saat ini cenderung mempunyai pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, mulai dari sering stres, kurang berolahraga, suka makan fast food, dan jenis makanan lain yang tidak sehat. Pola-pola inilah yang bisa memicu banyaknya angka penderita hipertensi belakangan ini. Mereka yang menderita hipertensi biasanya mengeluhkan rasa pusing yang terjadi pada tengkuk sampai kepala.

Baca Juga  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Tahukah kita bahwa rasa pusing atau nyeri pada kepala menjadi tanda khas seseorang yang menderita hipertensi. Namun tidak semua penderita hipertensi atau darah tinggi merasakan hal itu. Rasa pusing atau nyeri pada kepala akan sangat mengganggu bagi penderita hipertensi. Apalagi kondisi ini terjadi saat kita lagi bekerja yang membutuhkan konsentrasi serta tenaga berlebih untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dibiarkan begitu saja atau bersifat kronis akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti stroke dan jantung. Untuk itu bagi anda yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin cek tekanan darah setidaknya 1-2 bulan sekali.

Saat tubuh kita mengalami hipertensi, maka pembuluh darah yang keluar dari jantung akan mengalami tekanan yang tinggi untuk bisa mengalirkan darah keseluruh organ tubuh. tekanan darah yang tinggi itu juga akan terjadi pada pembuluh darah yang akan mengarah ke otak.

Baca Juga  Benarkah Semakin Jelek Skrotum Membuat Produksi Testosteron Semakin Lancar ?

Dengan tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah otak, akan menyebabkan lapisan endotel pada otak rusak. Saat terjadi kerusakan pada lapisan endotel pembuluh darah otak maka akan membuat suatu kepingan darah yang menyumbat pada pembuluh darah otak. Hal inilah yang membuat otak banyak memproduksi serotonin dan adenergik secara berlebihan yang membuat pembuluh darah semakin melebar.

Dengan adanya sumbatan dan pelebaran pembuluh darah pada otak akan menyebabkan aliran darah akan terganggu. Hal ini akan membuat banyak kerusakan atau radang pada banyak saraf di otak kita. Saat terjadi radang, maka secara otomatis otak akan memproduksi prostaglandin yang dianggap oleh otak kita sebagai respon nyeri. Peningkatan jumlah prostaglandin dalam otak juga akan menyebabkan seseorang mengalami mual dan muntah. Jika hal ini dibiarkan dan masuk pada area hipotalamus, maka akan membuat penderita mengalami gangguan penglihatan atau kabur.

Baca Juga  Benarkah Suka Bermain Musik Bisa Meningkatkan Kecerdasan ?

Itulah mengapa orang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi kepalanya terasa pusing. Untuk menghindari penyakit yang satu ini, maka kita harus mempunyai pola hidup dan pola makan yang sehat. Jangan mudah stres, istirahat cukup, olahraga secara teratur, jangan suka konsumsi fast food, jangan makan-makanan yang berlemak adalah kunci agar kita terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Artikel Terkait : Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi ?

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *