Ini Alasan Mengapa Konsumsi Minuman Berenergi Dilarang Setiap Hari

header niko 728 x 90

minum minuman berenergi

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang minuman berenergi menjadi sebuah rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Mereka beralasan dengan konsumsi minuman berenergi setiap hari, mampu meningkatkan stamina sehingga mampu bekerja dengan semangat. Padahal anggapan seperti ini adalah salah besar. Menurut para ahli konsumsi minuman berenergi tidak boleh setiap hari. Ini dia alasan mengapa konsumsi minuman berenergi dilarang setiap hari.

Tahukah kita bahwa minuman berenergi banyak sekali kandungan glukosa. Kandungannya sekitar 10 persen. oleh karena itu minuman berenergi tergolong jenis minuman hipertonik.

Menurut seorang ahli kesehatan yang bernama dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO mengatakan jika anda mengkonsumsi minuman berenergi setelah melakukan olahraga, maka hal itu tidak akan efektif untuk bisa mengembalikan energi yang hilang selama olahraga. Meskipun dari segi namanya disebut dengan minuman yang berenergi.

Baca Juga  Manfaat Mendongeng Pada Anak

Kalau kita melihat di pasaran maka ada banyak sekali macam minuman berenergi. Sebenarnya dalam minuman berenergi memiliki kandungan yang bermacam-macam tergantung jenis minuman berenergi. Mulai dari banyak mengandung karbohidrat yang tinggi, kafein, ginseng dll.

Apakah minuman berenergi tidak boleh sama sekali kita konsumsi ? Minuman berenergi boleh saja kita konsumsi namun jangan terlalu sering bahkan sampai setiap hari. Ada boleh mengkonsumsi minuman berenergi saat tubuh kita benar-benar merasa lelah. Jika anda setiap hari mengkonsumsi minuman berenergi, maka akan beresiko terhadap penyakit hipertensi.

Baca Juga  Inilah Yang Terjadi Jika Kita Berhenti Konsumsi Daging

Saat kita minum minuman berenergi yang mengandung kafein, maka akan merangsang tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Hal ini dikarenakan kafein bisa merangsang sistem hormonal tubuh.

Memang akan terasa meningkat energi kita setelah mengkonsumsi minuman berenergi yang mengandung kafein, namun yang terjadi adalah banyak produksi hormon yang dihasilkan sehingga membuat kelenjar tubuh kita menjadi kelelahan.

Bahkan menurut para pakar, jika kita mempunyai kebiasaan minum minuman berenergi setiap hari dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka akan meningkatkan resiko penyakit kronis seperti gagal ginjal, hipertensi dan diabetes.

Baca Juga  Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa

Inilah alasan mengapa konsumsi minuman berenergi dilarang setiap hari. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait : Mau Tahu Efek Minuman Bersoda ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *