Ini Alasan Makanan Cepat Saji Bisa Merusak Hormon

fast food 2

InspirasiBersama.com – Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa jenis makanan cepat saji atau fast food kurang bagus bagi kesehatan. Hal ini memang dibenarkan secara kesehatan. Banyak jenis makanan cepat saji yang bisa merusak hormon manusia dikarenakan makanan cepat saji atau fast food banyak mengandung sodium, gula dan lemak yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian terbaru tentang makanan cepat saji didapatkan fakta bahwa makanan cepat saji banyak mengandung zat kimia berbahaya yang disebut dengan phthalates. Menurut para peneliti jenis bahan kimia ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena bisa merusak hormon dan mempengaruhi jumlah sperma bagi pria. Padahal kalau kita tahu phthalate merupakan jenis bahan kimia yang banyak terdapat pada jenis produk pewangi, aneka kosmetik dan pembersih wajah.

Baca Juga  Bolehkah Melakukan Imunisasi Pada Anak Meskipun Telat

Bahkan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspective itu menyatakan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi jenis bahan kimia yang terkandung dalam jenis makanan cepat saji, maka akan menimbulkan meningkatnya konsentrasi terhadap bahan kimia phthalate tersebut.

Penelitian ini bukan penelitian yang pertama tentang efek buruk makanan yang melalui sebuah proses bahan kimia. Dalam penelitian sebelumnya juga sudah menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia seperti makanan olahan bisa menyebabkan paparan zat kimia phthalates dan bisphenol A. Namun dalam penelitian sekarang ini para peneliti lebih fokus pada jenis makanan cepat saji.

Baca Juga  Jangan Minum Obat Pereda Nyeri Saat Hamil

Untuk menyimpulkan adanya dampak buruk konsumsi makanan cepat saji terhadap kerusakan hormon, para peneliti telah melibatkan 8.800 orang yang dilakukan pengamatan tentang jenis makanan yang dikonsumsi yang kemudian pada peneliti menganalisa urin para responden.

Itulah alasan mengapa makanan cepat saji bisa merusak hormon kita. Untuk itu para ahli sangat menyarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan cepat saji jika tidak ingin mengalami masalah kesehatan seperti gangguan keseimbangan hormon. Bukan hanya itu mereka yang suka konsumsi makanan cepat saji akan beresiko tinggi mengalami peningkatan berat badan atau obesitas yang memicu banyak penyakit berbahaya.
Artikel Terkait : Jika Anda Hobi Makan Fast Food Anda Harus Banyak Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *