Ini Akibatnya Jika Kita Berhenti Olahraga Selama 10 Hari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dengan melakukan olahraga bisa membuat kemampuan otak kita meningkat. Namun jika kita malas atau berhenti berolahraga, maka kemampuan otak juga akan menurun atau menguap. Terlebih jika kita berhenti olahraga selama 10 hari.

 

Berdasarkan sebuah hasil studi yang sudah dilakukan menyebutkan kalau olahraga seperti berlari mempunyai manfaat yang sangat besar baik bagi kesehatan tubuh secara umum maupun kemampuan otak mulai dari memori dan kognitif otak. Saat kita melakukan olahraga, maka akan tercipta suatu neuron terbaru, pembuluh darah dan munculnya sinapsis yang sangat bagus bagi kesehatan otak.

malas-olahraga-2

sumber gambar : ayobuka.com

Dalam studi tersebut juga terbukti bahwa hewanpun jika rajin berolahraga maka bisa meningkatkan kemampuan memori dan kognitif otak. Hal yang sama berlaku pada manusia yang malas berolahraga akan cenderung mengalami kemampuan otak yang kurang baik dibandingkan dengan mereka yang rajin berolahraga.

Baca Juga  Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kencing Yang Perlu diwaspadai

 

Saat kita melakukan olahraga juga mengalirkan lebih banyak darah ke otak. Secara otomatis akan membuat kecerdasan kita meningkat. Aliran darah yang membawa banyak oksigen dan nutrisi lain yang dibutuhkan otak membuat peningkatan kemampuan otak.

Baca Juga : Bisakah Kita Meningkatkan Skor IQ ?

 

Oleh karena itu bagi anda yang sudah terbiasa olahraga, jangan berhenti. Jika kita berhenti beberapa hari misalnya sampai 10 hari maka bisa menyebabkan kemampuan otak kita menurun kembali.

Baca Juga  Hobi Makan Sushi ? Waspada Terhadap Cacing Pita

 

Dalam studi yang dilakukan kepada orang-orang yang berhenti olahraga yang sebelumnya rajin berolahraga, ternyata didapatkan dari hasil pemeriksaan menunjukkan kalau aliran darah menuju ke otak menjadi menurun. Bukan hanya itu saja, saat dilakukan tes kemampuan kognitif otak, maka terlihat penurunan.

 

Bagi anda yang saat ini mempunyai kemauan untuk meningkatkan kemampuan otak, maka sangat disarankan untuk rutin berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga jenis apapun termasuk jalan sehat yang paling mudah untuk dilakukan. Lebih baik lagi anda bisa melakukan rutin setiap hari setidaknya selama 30 menit.

Baca Juga  Penyebab Menguap Mudah Sekali Menular

 

Seorang usia lanjut yang kerap kali mengalami penyakit dimensia atau lupa bisa juga melakukan terapi rutin berolahraga. Karena olahraga secara rutin juga mengembalikan kemampuan memori otak sehingga terhindar dari penyakit pikun.

Artikel Terkait : Rajin Berolahraga Bermanfaat Mengatasi Mudah Lupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *