Imunitas Tubuh Bisa Turun Jika Kita Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemak

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa, menurut sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa lemak baik (HDL) atau kolesterol yang selama ini kita kenal baik bagi kesehatan, ternyata juga dapat memicu sebuah peradangan pada pembuluh darah yang memicu munculnya gumpalan.

Selama ini memang terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh kita. Ada kolesterol buruk Low Density Lipoprotein (LDL) yang banyak terdapat pada arteri sekitar jantung. Sedangkan untuk yang kolesterol baik atau Hight Density Lipoprotein (HDL) yang berfungsi membawa lemak masuk ke hati dan membuangnya secara aman.

makanan-yang-kaya-lemak

terlalu banyak makan lemak bisa menurunkan imunitas tubuh

Namun saat ini yang terjadi di lapangan adalah meskipun kadar kolesterol baik dalam tubuh seseorang meningkat, kondisi ini tidak berbanding lurus dengan turunnya resiko serangan jantung.

Baca Juga  Makanan Apa Saja Yang Bisa Melancarkan Peredaran Darah ?

Menyikapi hal ini, sebuah perusahaan farmasi yang hendak menciptakan sebuah obat untuk meningkatkan kadar HDL tidak mendapatkan persetujuan. Alasannya memang dalam kenyataannya peningkatan kadar HDL dalam darah tidak efektif bisa mengurangi resiko serangan jantung.

Baca Juga : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Bahkan dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Maastrich University yang ada di Belanda menyatakan bahwa peningkatan kadar HDL dalam tubuh seseorang ternyata malah berdampak negatif terhadap sistem imunitas tubuh.

Baca Juga  Pola Makan Yang Membuat Anak Kita Sehat

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Cell Metabolism. Seseorang yang mengalami peningkatan kadar HDL atau kolesterol baik, bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan pembuluh darah utama yang menyebabkan munculnya inflamasi.

Dari hasil studi terbaru ini menunjukkan kalau pengertian kolesterol baik atau HDL tidaklah sesederhana yang kita pikirkan. Meskipun namanya kolesterol baik, tetap disarankan untuk membatasinya. HDL tetap dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bukan berarti kita boleh sembarangan konsumsi kolesterol atau lemak baik secara berlebihan.

Baca Juga  Suka Mengkonsumsi Air Hangat ? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Kolesterol Yang Tinggi Bukan Hanya disebabkan Karena Faktor Makanan Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *