Hubungan Sering Makan Asam Dengan Gigi Keropos

header niko 728 x 90

minuman berkarbonasi

InspirasiBersama.com – Bermula dari sebuah tanya jawab di sebuah media online (kompas.com) ada seorang ibu yang bertanya kepada seorang dokter gigi. Perempuan tersebut menanyakan apakah makanan yang bersifat asam bisa menyebabkan gigi kita mudah keropos. Mari kita bahas lebih lanjut tentang hubungan sering makan makanan yang asam dengan gigi keropos.

Kalau kita membahas tentang gigi keropos atau secara mudahnya gigi berlubang (karies) bisa disebabkan oleh banyak faktor. Secara umum disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara mineral dalam gigi kita. Antara mineral yang dilepaskan dengan yang dimasukkan dalam gigi tidak seimbang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan ketidak seimbangnya pelepasan dan pengembalian mineral dalam gigi manusia, diantaranya :

1. Akumulasi plak
2. Banyak tidaknya asupan karbohidrat
3. Banyak tidaknya paparan makanan asam
4. Jumlah dan kualitas air liur kurang baik
5. Kurangnya asupan flour dalam tubuh

Baca Juga  Temukan Cara Bagaimana Mengatasi Penis Yang Bengkok

Jadi dapat disimpulkan bahwa sering mengkonsumsi makanan yang bersifat asam bisa menyebabkan gigi mudah keropos atau berlubang. Hal ini disebabkan karena saat jumlah makanan asam tinggi, maka akan membuat proses pelepasan mineral gigi terjadi lebih cepat yang memicu gigi menjadi keropos.

Baca Juga : Tips Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

Saat kita mengkonsumsi banyak makanan yang asam, maka akan membuat pH dalam mulut kita menjadi sangat rendah. Jika hal ini sering terjadi, maka akan menyebabkan banyak mineral dalam gigi ayang akan terlepas yang memicu gigi menjadi mudah berlubang.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam adalah minuman berkarbonasi, jus buah, pempek, minuman olahraga dan perasan jeruk lemon. Jadi agar kita terhindar dari gigi yang mudah berlubang, maka batasi mengkonsumsi beberapa makanan tersebut. Bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 juga menyebutkan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi jus buah dan minuman berkarbonasi setidaknya sebanyak 1,5 setiap hari terbukti bisa menyebabkan gigi berlubang pada bagian leher gigi. Dengan demikian bahwa jus buah dan minuman berkarbonasi bisa menyebabkan banyak mineral yang terlepas dari dalam gigi kita yang memicu gigi mudah berlubang.

Jadi untuk mencegah agar gigi kita tidak mudah berlubang, maka sebaiknya kita membatasi asupan makanan yang banyak mengandung asam seperti minuman berkarbonasi, jus buah, minuman olahraga, air perasan lemon dan kuah pada pempek. Selain itu jangan lupa ya untuk rajin sikat gigi dan secara berkala memeriksakan gigi ke dokter gigi anda.
Artikel Terkait : Penyebab Gigi Tidak Bisa Berwarna Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *