Hubungan Menggunakan Air Yang Kotor Bagi Munculnya Berbagai Penyakit

header niko 728 x 90
air-yang-kotor

sumber gambar : yomizu.com

InspirasiBersama.com – Sekarang ini bisa dikatakan cukup prihatin karena berdasarkan sebuah data yang berasal dari United Nations Environment Programme (UNEP) yang menyebutkan bahwa ada banyak warga Asia, Afrika dan Amerika Latin yang ternyata menggunakan air yang kotor dalam kehidupan sehari-hari.

 

Coba saja kita melihat sungai-sungai yang berada di sekitar kita, hampir kebanyakan berwarna cokelat atau bahkan kehitaman yang disebabkan berbagai macam limbah produksi. Dari kondisi air yang seperti itu maka akan ada banyak resiko bakteri atau virus yang mengancam kesehatan kita.

Baca Juga : Bahaya Cairan Zat Kimia Terhadap Mata
Bahkan menurut laporan UNEP yang dilakukan mulai dari tahun 1990 sampai 2010 ini menyebutkan bahwa angka gangguan penyakit yang disebabkan karena kontaminasi air yang tercemar atau kotor diluar perkiraan. Ada banyak sekali masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh hal ini.

Baca Juga  Dampak Kesehatan Jika Suka Malas-Malasan Saat Akhir Pekan

Yang lebih parah lagi adalah menurut data UNEP menyebutkan bahwa hampir 50 persen sungai-sungai yang berada di wilayah Asia sudah tercemar. Angka ini paling tinggi dibandingkan dengan beberapa benua yang lain, disusul dengan Amerika Latin dan Afrika.

Menurut data UNEP juga menyebutkan betapa kontaminasi air ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurutnya dalam setiap bulan tercacat ada sekitar 3,5 juta orang yang meninggal yang disebabkan karena kontaminasi air yang kotor yang menyebabkan seseorang menderita kolera, diare, tipus dan polio. Ini tersebar diseluruh dunia dan angka terbesar kematian berada di Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Baca Juga  Mengenal Pola Makan Wanita Paling Bugar di Dunia

 

Banyak diantara kita yang menganggap pencemaran sungai menjadi hal yang biasa. Padahal beberapa data studi menyebutkan betapa banyaknya kerugian kesehatan yang disebabkan karena pencemaran sungai. Untuk itu perlu sebuah terobosan untuk menjaga kebersihan air sungai dengan membatasi pembuangan limbah sembarangan ke sungai dan melarang pembuangan sampah ke sungai.

 

Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ini bukan hanya tanggung jawab negara saja sebagai penyelenggara, namun setiap individu juga harus memulai untuk melestarikan kebersihan air sungai dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Dengan begitu maka sungai-sungai kita niscaya akan menjadi bersih dan tidak menyebabkan resiko kesehatan yang berbahaya.

Baca Juga  3 Tips Agar Mempunyai Pikiran Yang Positif

Artikel Terkait : Apa Dampaknya Jika Jarang Mencuci Handuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *