Hubungan Fruktosa Dengan Munculnya Lemak Dalam Tubuh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang fruktosa atau gula sederhana, maka banyak orang yang mengkaitkan dengan berat badan. Sebagi bahan alami yang hampir dijumpai disetiap makanan, dirasa sulit untuk menghindari fruktosa dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata ada hubungan antara fruktosa dengan munculnya lemak dalam tubuh.

makanan-manis-2

dampak buruk banyak konsumsi fruktosa bagi tubuh

Karena dirasa cukup sulit untuk menghindari fruktosa, maka solusinya kita harus banyak beraktivitas dan tentunya juga mengurangi makanan yang manis. Jika kita berlebihan dalam konsumsi makanan manis, maka resiko kegemukan akan tinggi yang menyebabkan banyak tumpukan lemak dalam tubuh.

Baca Juga  Kolesterol Yang Tinggi Berdampak Buruk Bagi Otak

Dalam sebuah uji coba terhadap tikus, menyebutkan kalau pemberian fruktosa pada tikus memang bisa menyebabkan obesitas. Bukan hanya itu saja, kondisi ini juga memicu diabetes. Pada tubuh tikus yang terdeteksi diabetes, maka fruktosa yang dikonsumsi akan lebih cepat untuk diserap oleh tubuh dan masuk ke liver. Dalam organ liver, fruktosa akan dirubah menjadi sebuah lemak.

Baca Juga : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

 

Oleh karena itu bagi anda yang saat ini mengalami penyakit diabetes, maka harus berhati-hati saat mengkonsumsi makanaan yang mengandung gula atau fruktosa. Hal ini disebabkan karena proses penyerapan gula akan terjadi jauh lebih cepat yang kemudian disimpan dalam liver. Dari situ liver akan berusaha untuk merubahnya menjadi lemak.

Baca Juga  Sulitnya Menyembuhkan Diabetes Oleh Karena Itu Sangat disarankan Untuk Mencegah

 

Untuk mencegah hal ini, mau tidak mau kita harus membatasi konsumsi fruktosa. Selain itu penting juga untuk rutin melakukan olahraga atau banyak melakukan aktivitas untuk lebih banyak pembakaran. Dengan begitu kita bisa mencegah resiko banyak penumpukan lemak yang memicu obesitas dan diabetes.

 

Hal ini juga berlaku bagi kita yang masih normal atau terbebas dari diabetes. Untuk mencegah resiko diabetes semakin tinggi, maka kita harus membatasi asupan fruktosa atau gula sederhana. Ada banyak jenis makanan yang banyak orang tidak sadar kalau mengandung gula cukup tinggi yaitu nasi. Konsumsi banyak nasi bisa membuat peningkatan kadar gula darah kita.

Baca Juga  Konsumsi Makanan Yang Berfermentasi Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Artikel Terkait : Pria dan Wanita Memiliki Perbedaan Dalam Menyimpan Lemak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *