Hubungan Diabetes Dengan Konsumsi Fluorida

header niko 728 x 90

waspada diabetes

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Water mengatkan bahwa ada hubungan yang potensial antara diabetes dengan sering konsumsi cairan yang mengandung fluorida.

Banyak orang yang mengenal istilah cairan fluorida dengan kesehatan gigi. Iya cairan ini memang bermanfaat mencegah gigi kita dari berbagai kerusakan. Namun ternyata konsumsi jenis cairan ini berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Untuk menganalisa studi kali ini, peneliti yang bernama Kyle Fluegge menggunakan metode matematika terhadap penggunaan air fluorida dengan kejadian diabetes yang dialami.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Ini Sehat, Namun Masih Banyak Yang Salah Dalam Mengolahnya

Dengan menggunakan model matematika, maka peneliti bisa mengetahui angka kejadian diabetes yang muncul yang disebabkan karena faktor non fluorida atau faktor natural lainnya.

Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat dengan melihat ada cukup banyak jasa layanan air yang ada di AS yang terkontaminasi fluorida. Peneliti menemukan bahwa jika dalam air terdapat kandungan sodium yang meningkat sebesar satu miligram, maka akan menyebabkan angka kejadian diabetes meningkat sampai 0,17 persen.

Baca Juga  Ibu Hamil Bisa Beresiko Mengalami Kelainan Otot Jantung

Kesimpulan dari hasil studi tersebut adalah orang yang sering mengkonsumsi air yang terkandung fluorida meningkatkan resiko mengalami penyakit diabetes tipe-2 lebih besar dibandingkan dengan tidak terkontaminasi.

Kita tahu bahwa bukan hanya air saja yang bisa terkontaminasi fluorida, namun ada beberapa jenis makanan yang sengaja ditambahkan fluorida. Untuk menghindari jangka panjang resiko penyakit diabetes, sebaiknya kita menghindari konsumsi cairan yang mengandung fluorida maupun makanan yang juga mengandung fluorida.

Baca Juga  Sering Minum Alkohol Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

Artikel Terkait : Sering Makan Tidak Teratur Bisa Memicu Obesitas dan Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *