Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat

header niko 728 x 90

hormon penyebab kegemukan

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa peningkatan berat badan terjadi karena ketidak seimbangnya hormon dalam tubuh kita. Saat itu akan ada banyak tumpukan lemak, sering menjadi lapar dan parahnya nafsu makan juga meningkat.

Banyak hormon yang berperan dalam berat badan manusia. Untuk itu kita harus menjaga keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh kita agar kita terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan yang bisa memicu banyak masalah kesehatan.

 

1. Kortisol

Pasti kita pernah mengalami stres, cemas dan rasa takut. Saat itulah akan ada banyak hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Dengan meningkatnya hormon kortisol maka mendorong kita untuk bertindak dengan cepat.

Baca Juga  Begini Cara Mengusir Hidung Yang Mampet

Mengapa saat seseorang mengalami stres justru nafsu makannya akan meningkat ? karena saat ada kelebihan sekresi hormon kortisol maka kandungan gula darah akan banyak yang diubah menjadi lemak. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Untuk menghindari peningkatan hormon kortisol maka kita dituntut untuk tidak sering mengalami stres. Bagaimana caranya ? anda harus rutin melakukan olahraga karena akan bisa melepaskan hormon yang bisa membuat kita tidak cemas dan stres.

Baca Juga  Air Garam Bisa Membuat Pikiran Kita Tenang

 

2. Tiroid

Saat kita kekurangan hormon tiroid yang berfungsi menghasilkan hormon T3 dan T4, maka maka tubuh kita akan mengalami perlambatan metabolisme. Karena fungsi dari hormon T3 dan T4 adalah untuk mengatur metabolisme tubuh manusia.

Kekurangan hormon tiroid bisa disebabkan oleh kekurangan asupan yodium, selenium, zat besi, zinc dan tembaga. Adapun tanda-tanda kalau kita kekurangan hormon tiroid adalah terjadi kelelahan, sangat sensitif terhadap suhu dingin, sembelit, kulit menjadi kering, wajah menjadi bengkak, suara menjadi serak, nyeri otot dan meningkatnya kadar kolesterol.

Baca Juga  Ada 3 Jenis Kebiasaan Yang Bisa Membuat Metabolisme Tubuh Kita Melambat

 

Artikel Terkait : Dampak Stres Terhadap Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *