Hindari Sifat Mudah Marah Jika Tidak Ingin Mati Usia Muda

header niko 728 x 90

emosiBerawal dari baca di harian kompas online ada satu artikel yang menarik menurut saya yaitu ternyata sering marah bisa mempersingkat usia hidup kita. Ini bekan hanya sekedar sebuah prasangka saja tetapi ini sudah berdasarkan sebuah penelitian terbaru. Untuk itu kita sangat disarankan untuk menghindari sikap mudah marah.

Banyak orang yang sekarang ini mudah sekali untuk tersulut emosinya dengan hal-hal yang bisa tergolong sangat remeh. Misalnya saat macet di jalan orang bisa berantem hanya karena dia merasa di salip dengan tidak sopan. Ini sering terjadi dan tidak jarang pula sampai terjadi baku pukul.

Apalagi jika kita mengikuti berita di media-media yang saat ini perekonomian kita lagi mengalami perlambatan, otomatis kehidupan masyarakat sekarang ini sangat sulit dengan melambungnya harga-harga kebutuhan pokok tetapi tidak diimbangi dengan kenaikan gaji yang layak. Hal inilah yang memicu saat ini masyarakat kita bisa dibilang sangat mudah untuk melonjak emosinya.

Baca Juga  Benarkah Sering Minum Air Kelapa Saat Hamil Bisa Membuat Kulit Bayi Putih ?

Berdasarkannsebuah penelitian yang dilakukan oleh Lowa State University menunjukkan bahwa 25 % orang laki-laki akan mudah terserang penyakit 1,57 kali lipat jika mempunyai kebiasaan suka marah. Penelitian yang dilakukan oleh Lowa State University ini melibatkan sebanyak 1.307 pria yang mereka amati sejak tahun 1968 sampai tahun 2007.
Orang yang mudah marah akan menyebabkan fisiologis tubuhnya menjadi negatif. Salah satunya adalah terjadinya ateroskeloris yaitu penyumbatan pada arteri darah oleh lemak atau plak yang memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Orang yang sedang marah akan mengalmi peningkatan hormon kortisol atau hormon stress. Sehingga orang yang mudah marah akan mudah pula untuk mengalami stress yang berdampak pada penurunan antibodi tubuh sehingga mudah untuk terserang penyakit.

Baca Juga  Kecepatan Berjalan Bisa Menjadi Indikasi Prediksi Resiko Mengalami Masalah Jantung

Untuk menghindari terjadinya sifat mudah marah ada beberapa tiups yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan rajin melakukan olahraga seminggu 2-3 kali. Dengan kita rajin melakukan olahraga maka tubuh menjadi fress dan membuat fikiran kita lebih rileks. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan lebih banyak mendekatkan diri kepada agama. Dengan pendekatan agama maka jiwa kita akan mendapatkan siraman rohani yang cukup sehingga fikiran kita menjadi lebih tenang dan lenih pandai untuk mengontrol emosi kita.

Baca Juga  Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan

Dengan melihat hasil penelitian tadi kita seyogyanya mempunyai sifat yang tidak mudah marah, belajar untuk menghomati dan menghargai orang lain dan tidak merasa diri kita paling dominan dari pada orang lain. Demikian sedikit informasi dari kami semoga menambah wasasan kita tentang cara menjaga kesehatan kita. Semoga dengan bertambahnya kefahaman kita tentang kesehatan akan berdampak positif kepada kesehatan kita.

 
Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *