Hindari Rutin Konsumsi Kafein Jika Sedang Program Kehamilan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang sedang dalam program kehamilan, tidak disarankan rutin mengkonsumsi kafein. Hal ini karena berdasarkan sebuah hasil penelitian baru yang dilakukan oleh National Institute of Health dan Ohio State University menyebutkan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi selama program kehamilan akan meningkatkan resiko keguguran.

Studi tentang efek kafein bagi mereka yang melakukan program kehamilan ini sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Fertility and Sterility. Dalam studi tersebut diketahui telah melibatkan 344 pasangan yang mengikuti sebuah program kehamilan yang berasal dari Michigan dan Texas AS.

sumber gambar : nakita.id

Diketahui bahwa jika pasangan mengkonsumsi dua cangkir atau lebih kopi setidaknya dua minggu sebelum proses pembuahan, maka resiko mengalami keguguran atau gagal hamil semakin tinggi. Kondisi ini diperberat dengan gaya hidup yang buruk yang dilakukan pasangan seperti merokok, suka minum alkohol dan suka mengkonsumsi kafein.

Baca Juga  Batasan Konsumsi Gula Bagi Seorang Anak

Dari hasil penelitian tersebut ternyata terdapat sekitar 28 persen pasangan yang mengalami kegagalan program kehamilan. Para peneliti menemukan adanya hubungan antara kebiasaan konsumsi kafein dengan terjadinya resiko keguguran.

Baca Juga : Efek Samping Sering Minum Kopi Saat Hamil

Para peneliti juga menyatakan bahwa apabila seorang pasangan wanita mengkonsumsi minuman kafein sampai lebih dari dua gelas menjelang proses terjadinya konsepsi, maka resiko terjadinya keguguran sampai 75 persen.

Baca Juga  Disarankan Mencuci Apel Sebelum dimakan

Kondisi ini juga berlaku kepada seorang pasangan pria yang juga mengkonsumsi kafein selama proses prakonsepsi yang juga turut meningkatkan resiko terjadinya keguguran pada pasangan wanita.

Nah bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah program kehamilan bersama pasangan, maka sebaiknya menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kafein terlebih dahulu. Hal ini demi kesuksesan program kehamilan yang anda jalankan bersama pasangan anda.

Baca Juga  3 Kiat Mengatasi Adik Kakak yang Suka Tidak Akur

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Stres Karena Menunggu Kehamilan Bisa Menganggu Kesuburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *