Hindari Makan Terlalu Cepat Karena Bisa Memicu Diabetes

header niko 728 x 90

resiko makan terlalu cepat

InspirasiBersama.com – Kita tahu sekarang ini banyak sekali orang disekitar kita yang menderita penyakit diabetes. Bahkan berdasarkan data International Diabetes Federation pada tahun 2014, Indonesia menjadi negara ke lima terbesar penderita diabetes. Tentu hal ini bukan kabar yang bagus. Banyaknya orang Indonesia yang memiliki pola makan dan gaya hidup tidak sehat dipercaya menjadi penyebab tingginya angka penderita diabetes di negara kita.

Banyak hal yang bisa memicu penyakit diabetes. Mulai dari genetik, pola makan yang berlebihan, jarang berolahraga dan studi terbaru adalah disebabkan oleh mengunyah makanan terlalu cepat. Mungkin bagi kebanyakan orang mengunyah makanan menjadi hal yang sepele dan tidak mempunyai efek yang lebih terhadap kesehatan kita. Tetapi berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan asal Lithuanian University of Health Science menemukan adanya hubungan antara lama mengunyah makanan dengan angka penderita diabetes.

Baca Juga  Cara Mencegah Glaukoma Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Penelitian ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Jepang yang mengatakan bahwa makan dengan cepat dapat mengakibatkan tubuh kita menjadi resisten terhadap insulin. Padahal fungsi produksi insulin adalah untuk menetralkan gula yang berlebih pada tubuh kita. Kalau kita menjadi resisten, maka besar kemungkinan kadar gula darah kita menjadi tinggi dan ini adalah kondisi dari diabetes.

Baca Juga  Tetap Hidup Sehat Meskipun Dalam Kesibukan

Para ilmuwan memberikan tips dalam mengunyah makanan jangan terlalu cepat. Lakukan makan secara tenang dan perlahan dengan mengunyah sekitar 35-50 kali sebelum kita menelannya. Sebenarnya kalau kita rujuk kepada agama tepatnya agama Islam. Sejak jaman Rosul, Nabi kita Muhammad SAW sudah mensunnahkan untuk mengunyah makanan minimal 30 kali sebelum kita benar-benar menelannya.

Demikian informasi tentang hindari makan terlalu cepat karena bisa memicu diabetes. Untuk mencegah penyakit diabetes disamping kita merubah cara makan kita, kita harus banyak melakukan olahraga dan menghindari makan dalam jumlah yang besar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara Tetap Sehat Meskipun Duduk Seharian di Kantor

 

Artikel Terkait : Waspada, Orang Kurus Juga Bisa Beresiko Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *