Hati-hati Penularan Virus Hepatitis A di Sekitar Kita

header niko 728 x 90

hepatitis A

Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan banyaknya penularan virus hepatitis A yang terjadi di Institut Pertanian Bogor. Bahkan kejadian ini resmi merupakan KLB (Kejadian Luar Biasa) akibat penularan virus hepatitis A. Apabila kejadian ini tidak mendapat penanganan yang bagus, maka akan bisa menjadi wabah dengan potensi orang tertular lebih besar lagi.

Penyakit hepatitis A ini termasuk penyakit infeksi yang tergolong endemis. Biasanya angka kajadian akan meningkat pada saat akhir musim kemarau dan pada awal-awal musin hujan.

Mari kita membahas apa sebenarnya hepatitis A ini. Hepatitis A merupakan suatu penyakit infeksi yang menyerang pada hepar atau hati yang disebabkan oleh penularan virus hepatitis A. Penularannya bisa secara kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak langsung bisa melalui hubungan seksual, oral atau anal. Sedangkan secara tidak langsung bisa menular melalui makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitis A.

Baca Juga  Penyebab Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang

Virus hepatitis ini ditularkan oleh penderita melalui feces. Jadi apabila ada lalat yang hinggap pada feces kemudian hinggap lagi pada makanan dan minuman maka menjadi media penularan hepatitis A.

Pada kasus kejadian dilapangan, biasanya mereka yang terinfeksi virus ini datang ke rumah sakit dalam keadaan icterus atau kekuningan dan BAK seperti teh. Biasanya disertai dengan flu, demam, badan lemas, nyeri perut pada bagian atas, mual, muntah, nafsu makan menurun dan pusing. Nyeri perut kanan atas terjadi karena virus ini menyerang pada liver atau hati yang terletak pada bagian kanan atas perut kita.

Baca Juga  Mengapa Banyak Orang Yang Tak Sadar Kalau Punya Masalah Jantung

Selain itu untuk menegakkan diagnosa penyakit ini diperlukan pemeriksaan laboratorium. Pada hasil pemeriksaan laborat didapatkan terjadinya peningkatan nilai SGOT, SGPT dan bilirubin. Selain itu juga perlu pemeriksaan untuk virusnya yaitu anti HAV.
Para penderita penyakit hepatitis harus melakukan istirahat secara total. Meskipun demikian tidak semua kasus hepatitis A harus melakukan rawat inap. Kalau disertai dengan mual dan muntah maka biasanya pasien akan disarankan untuk rawat inap untuk mendapatkan cairan infus.

Mengingat banyaknya angka kejadian penularan virus hepatitis A ini, maka bagi anda sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dan melakukan gaya hidup yang sehat. Makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, cuci tangan sebelum makan dan banyak makan sayur dan buah.

Baca Juga  Hal-hal Yang Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Artikel Terkait : Deretan Penyakit Yang Sangat Mematikan Dalam Hitungan Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *