Hati – Hati Pasien Diabetes Bisa Koma Karena Gulah Darah Rendah

header niko 728 x 90

cek gula darah

Orang yang terkena penyakit diabetes sangat disarankan untuk menjaga agar kadar gula darah tidak naik. Tetapi, tidak cukup hanya menjaga agar tidak tinggi saja tetapi harus menjaga pula agar gula darah tidak rendah ( hipoglikemia ). Kasus hipoglikemia biasanya rentan terjadi pada pasien diabetes yang mendapatkan therapy insulin atau obat penurun kadar gula darah.

Menurut dokter Achmad Rdjianto seorang Spesialis Penyakit Dalam yang juga sebagai Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia ( Perkeni ) mengatakan, biasanya hipoglikemi sering terjadi karena pemberian obat diabetes yang tidak tepat.

Pasien yang mengalami kondisi hipoglikemia ringan biasanya akan merasa lapar yang berlebihan, jantung berdebar-debar dan keringat dingin. Saat keadaan seperti ini sangat disarankan untuk segera konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Dengan segera makan karbohidrat diharapkan kadar gula darah dapat segera naik ke level normal. Untuk kasus hipoglikemia berat, pasien bisa jatuh pada kondisi gangguan otak sehingga pasien datang dalam kondisi yang tak sadarkan diri atau koma.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Diabcare pada tahun 2012, ada sekitar 20-30 persen penderita diabetes di Indonesia mengalami kondisi hipoglikemia. Bahkan berdasarkan penelitian yang lain, terdapat 100 persen pasien diabetes type 1 yang mengalami hipoglikemia.

Bagi anda yang mengalami diabetes atau ada anggota keluarga yang menderita diabetes sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin. Anda bisa membeli alat cek gula darah yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan sering melakukan cek kadar gula darah, sangat meminimalisir terjadinya hiperglikemia atau hipoglikemia yang bisa membuat anda koma. Jika anda mendapai kasus anggota keluarga ada yang mengalami keringat dingin dan tak sadarkan diri, maka segeralah bawa ke rumah sakit terdekat untuk dapat mendapatkan segera pertolongan medis.

Artikel Terkait : Hati – Hati Banyak Orang Tak Sadar Menderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *