Hati-hati Jika Anda Membeli 5 Barang Ini Secara Online

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sekarang ini banyak masyarakat kita yang gemar membeli barang secara online. Ada banyak keuntungan memang berbelanja secara online. Namun bukan berarti juga tidak mempunyai resiko. Dengan banyaknya minat orang untuk berbelanja online, maka sekarang ini banyak sekali online shop yang bermunculan. Ternyata tidak semua barang yang dijual secara online aman untuk kita beli, ada 5 jenis barang yang anda harus berhati-hati jika membelinya secara online.

Saat kita membeli secara online memang terasa sangat mudah dan bisa dibilang harganya lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional. Cukup hanya menggunakan gadget dan sambungan internet kita bisa dengan leluasa mencari barang yang hendak kita beli. Sangat menghemat waktu dan tenaga.

beli-barang-secara-online

sumber gambar : bisnis.liputan6.com

Meskipun dengan segudang kemudahan yang diberikan saat kita berbelanja secara online, sebagai konsumen kita juga harus jeli dan berhati-hati jika membeli barang tertentu secara online. Dalam sebuah lansiran howstuffwprks.com menyebutkan bahwa masyarakat harus berhati-hati jika membeli 5 jenis barang ini secara online, diantaranya :

Baca Juga  Inilah Mi Baso Yang Paling Nikmat di Tasikmalaya

1. Make up dan parfum

Jenis barang pertama yang tidak disarankan untuk membeli secara online adalah produk kecantikan berupa make up dan parfum. Kalau kita berselancar online sering kali kita melihat sebuah produk kecantikan yang menjanjikan wajah yang cantik dan kulit yang putih alami, namun kita harus waspada apakah jenis produk kecantikan tersebut benar-benar aman untuk digunakan.

Hal ini dibuktikan bahwa ada banyak laporan kasus yang menyebutkan adanya masalah pada kesehatan kulit yang disebabkan karena menggunakan produk kecantikan sembarangan yang dijual secara online. Kita tahu bahwa setiap orang mempunyai tipe kulit yang berbeda-beda. Untuk itu sangat tidak disarankan untuk membeli produk kecantikan secara online.

2. Rumah

Jenis barang kedua yang tidak disarankan untuk membeli secara online adalah rumah. Banyak orang yang tergiur dengan sebuah foto rumah yang tampak indah dengan halaman yang luas, namun pada kenyataannya jauh dengan apa yang di foto. Hal ini sudah sering kejadian. Sebaiknya jika anda membeli rumah secara online, anda juga harus melihat secara langsung kondisi rumah yang dijual. Hal ini untuk memastikan kondisi rumah masih dalam keadaan baik.

Baca Juga  Benarkah Menggunakan Bra Bisa Memicu Kanker Payudara ?

3. Perabotan besar

Selanjutnya adalah membeli perabotan besar juga tidak disarankan untuk membeli secara online. Contoh dari barang perabotan besar adalah lemari, kulkas, meja, kursi dll. Jika anda hendak membeli barang besar perabotan rumah tangga sangat disarankan untuk datang langsung ke toko bukan membeli secara online.

4. Obat-obatan

Saat ini juga lagi ngetren untuk mendapatkan resep penyakit yang didapatkan dari sebuah konsultasi secara online. Kondisi ini tentu tidak disarankan. Bagaimanapun seorang dokter dalam melakukan penegakan diagnosa pasien memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung agar bisa menentukan jenis obat yang sesuai dengan keadaan pasien. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk membeli obat-obatan secara online. Sebaiknya anda datang langsung ke dokter terdekat dan menceritakan keluhan anda.

Baca Juga  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Kulit

5. Barang yang berasal dari situs tidak terpercaya

Yang terakhir adalah saat anda membeli barang secara online harus memperhatikan kredibilitas suatu online shop. Banyak orang yang melewatkan hal ini, padahal hal ini cukup penting. Sekarang ini banyak juga dijumpai penipuan online yang tidak jujur benar-benar mengirim barang sesuai alamat pembeli. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sangat disarankan untuk membeli barang online di tempat atau situs yang sudah terpercaya.

Artikel Terkait : Tips Sukses Jualan Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *