Hati-hati ! Banyak Kuman di Tempat Cuci Piring

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang tak menyadari kalau tempat mencuci piring atau wastafel menjadi tempat berkumpulnya banyak kuman. Padahal wastafel menjadi tempat para ibu untuk membersihkan piring. Jika tidak waspada, maka kuman bisa sangat mudah menempel pada piring bersih yang sudah dicuci.

Ada sebuah kabar buruk yang berasal dari NHS yaitu sebuah lembaga kesehatan nasional yang berasal dari Inggris yang menyebutkan kalau kuman pada wastefel ternyata hampir sama jumlahnya dengan kuman yang berada di kamar mandi atau toilet kita. Menurut NHS jumlahnya mencapai 100.000 kuman.

sumber gambar : http://www.sunlight.co.id/

Oleh karena itu penting sekali untuk membersihkan tempat cuci atau wastafel secara rutin. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cuka dan baking soda dengan harapan agar kuman bisa menurun.

Baca Juga  Benarkah Seorang Ibu Yang Obesitas Akan Mengalami Hambatan Dalam Pemberian ASI ?

Baca Juga : Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar

Yang sering dilupakan oleh para ibu setelah mencuci piring di wastafel adalah tetap membiarkan ada sisa makanan walaupun jumlahnya sedikit. Ternyata kondisi ini bisa membuat pertumbuhan bakteri dan jamur makin banyak dan menjadi lingkungan yang sangat mendukung.

Jangan heran jika terkadang keluarga kita menderita tipus dan diare meskipun kita sudah mencuci bahan makanan sebelum dimasak. Ternyata hal ini bisa disebabkan karena kondisi wastafel yang kotor yang menjadi tempat perkembangan kuman, bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga  Apa Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Menurut NHS, kontaminasi bakteri pada makanan di dapur juga bisa disebabkan karena penggunaan pisau dan talenan kayu. Untuk itu sangat penting juga untuk membersihkan pisau dan talenan anda dengan menggunakan lemon dan garam. Yang terakhir adalah jangan biarkan semua barang dapur anda dalam keadaan lembab ya karena menjadi lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Baca Juga  Benarkah Banyak Minum Kopi Justru Membuat Cemas ?

Artikel Terkait : Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *