Hati – hati Akan Terjadinya Pembekuan Darah Pada Kaki Saat Perjalanan Jauh

header niko 728 x 90

hati hati pembekuan darah pada kaki

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang suka melakukan perjalanan jauh perlu mewaspadai terjadinya pembekuan darah pada kaki atau trombosis. Tentu ini akan menjadi masalah saat kita niat perjalanan dengan hati yang senang, tiba-tiba ada masalah kesehatan yang bisa merusak suasana perjalanan kita.

Menurut seorang dokter, pembekuan atau trombosis bisa terjadi akibat terlalu lama dalam posisi duduk, tidak bergerak seperti saat kita perjalanan jauh di dalam kendaraan.

Trombosis akan mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah atau suplai darah akan terganggu. Apabila hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan pembekuan pada pembuluh darah vena atau deep vein thrombosis (DVT).

Baca Juga  Tips Mengatasi Ngompol Pada Anak Usia Sekolah

Apalagi saat ini merupakan masa liburan sekolah, natal dan tahun baru menjadi sebuah tradisi msyarakat Indonesia untuk melakukan mudik pulang kampung atau bepergian jauh dengan menggunakan mobil, kereta api, pesawat dan kapal laut. Faktor kemacetan saat kita melakukan perjalanan darat menggunakan mobil atau bus juga memicu terjadinya pembekuan darah pada kaki kita.

Selain itu menurut para ahli, bagi anda yang sering melakukan perjalanan naik pesawat yang menempuh jarak lebih dari empat jam juga berisiko terkena trombosis. Untuk bisa terhindar dari resiko trombosis atau pembekuan darah pada kaki maka sebaiknya kita bergerak selama dua jam sekali untuk menghindari adanya sumbatan aliran darah akibat terlalu lama duduk.
Hal yang ditakutkan terjadi saat kita mengalami pembekuan aliran darah adalah adanya kematian yang datang secara mendadak. Hal ini dikarenakan kaki tidak bergerak dalam jangka waktu yang lama sehingga memicu pembekuan darah yang bisa berakibat pada jantung, paru-paru bahkan sampai ke otak.
Jika anda melakukan perjalanan jauh baik menggunakan pesawat, kereta api, mobil pribadi, bus dan kapal laut usahakan menggerakkan kaki dua jam sekali. Gerakan yang bisa anda lakukan dengan cara memutar pergelangan kaki, berjalan, berdiri sejenak atau mengangkat paha anda.

Baca Juga  Jangan Sepelekan Masalah Tulang Belakang Dengan Melakukan “Chiropractic”

 

Artikel Terkait : Bahaya Menyetir Jarak Jauh Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *