Hasil Studi Mengatakan Bahwa Kebanyakan Orang Tua Salah Dalam Menidurkan Bayi

header niko 728 x 90

menidurkan bayi

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi terbaru yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa hampir mayoritas para orang tua di Amerika salah dalam hal menidurkan bayi mereka.

Untuk menyimpulkan studi tersebut, para peneliti telah melakukan pengamatan kepada 160 bayi dengan menggunakan rekaman video. Studi kali ini dilakukan para peneliti kepada bayi yang masih berusia satu sampai enam bulan.

Dalam studi tersebut para peneliti menemukan banyak kesalahan orang tua dalam hal menidurkan bayi mereka. Mulai dari tidur dengan posisi menyamping, tengkurap, suka menempatkan bayi pada kasus yang empuk dan di ranjang orang tua. Itulah kebanyakan yang dilakukan oleh para orang tua saat hendak menidurkan bayi.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini ?

Bukan hanya itu saja, para peneliti juga menemukan banyak orang tua yang membiarkan kasur tempat tidur bayi yang penuh dengan barang-barang yang membahayakan bayi, misalnya saja boneka, mainan yang keras, dan selimut yang longgar.

Para peneliti mengatakan bahwa hal sederhana ini sangat penting karena berdasarkan data menyebutkan bahwa penyebab kematian terbesar pada bayi di Amerika adalah saat kondisi tidur.

Tahukah kita bahwa hal sepele seperti selimut pada tempat tidur bayi yang longgar bisa berbahaya bagi bayi kita saat tidur. Sering kali bayi mengalami susah bernapas yang disebabkan karena tertutup oleh selimut atau sprei yang longgar sehingga tidak bisa bernapas.

Baca Juga  Benarkah Bayi Yang Dibedong Meningkatkan Resiko Sindrom Kematian Mendadak ?

Menghindari hal yang demikian, para ahli yang berasal dari Amerika memberikan beberapa tips aman menidurkan bayi mereka :

1.    Langkah pertama adalah jangan suka menidurkan bayi menyamping, tetapi letakkan pada punggung orang tua.

2.    Pilihlah jenis ranjang bayi yang keras, rapikan sprei dan selimut sebelum bayi kita tidur

3.    Selanjutnya adalah jangan biasakan suka menaruh bayi saat tidur pada ranjang orang dewasa, kursi atau sofa tamu.

Baca Juga  Deretan Makanan Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan Mata Selain Wortel

4.    Yang terakhir adalah pastikan tempat tidur bayi aman dari berbagai benda keras, selimut dan sprei yang longgar yang bisa berbahaya bagi bayi.

Artikel Terkait : Benarkah Bayi Yang dibedong Meningkatkan Resiko Kematian mendadak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *