Hamil di Usia 40-an Beresiko Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

resiko hamil tua

InspirasiBersama.com – Hampir semua orang tahu kalau hamil pada usia tua sangat beresiko bagi kesehatan. Namun baru-baru ini ada kabar bahwa ada seorang wanita asal Australia yang melahirkan bayi pada usia 62 tahun. Wanita tersebut berhasil hamil berkat program bayi tabung yang ia jalani. Tentu hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi bidang kesehatan terutama persalinan, maka saat ini angka wanita melahirkan pada usia lebih dari 30 tahun terus meningkat. Bahkan dalam sebuah hasil data menyebutkan ada sekitar satu dari 1000 kelahiran yang terjadi pada wanita yang tidak muda lagi atau berusia lebih dari 45 tahun.

Baca Juga  Solusi Redakan Stress Dalam Hitungan Menit

Baca Juga : Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

Secara alamiah, seorang wanita yang hamil pada usia lebih dari 30 tahun memiliki resiko dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan hamil sebelum usia 30 tahun. Beberapa kondisi yang menyertai ibu yang hamil lebih dari 30 tahun adalah terjadinya tekanan darah tinggi atau pre-eklamsia dan terjadinya diabetes gestasional.

Hal ini dibuktikan bahwa mereka yang melahirkan bayi pada usia lebih dari 40 tahun sebagian besar dilakukan secara operasi caesar. Hal ini untuk menurunkan resiko komplikasi kesehatan bagi ibu dan bayi.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Tidak disarankan Dikonsumsi Bersama Dengan Soda

Olah karena itu seorang ibu yang hamil dan melahirkan pada usia sekitar 40 tahun memerlukan pendampingan seorang dokter. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya resiko komplikasi kesehatan saat melahirkan seperti perdarahan dan penyumbatan darah.

Bahkan seorang ibu yang melahirkan pada usia 40 tahun akan bersiko juga bagi sang bayi yang dikandung. Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa bayi yang dilahirkan oleh seorang ibu yang berusia 40 tahunan, memiliki resiko besar untuk mengalami lahir belum pada waktunya yang membuat berat badan bayi menjadi rendah.

Baca Juga  Cara Mencegah Agar Tulang Tidak Gampang Keropos Sejak Dini

Seorang bayi yang lahir prematur dan memiliki berat badan yang kurang, maka sangat beresiko mengalami gangguan kesehatan diantaranya gangguan paru, bersiko mengalami obesitas dan diabetes.

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus diwaspadai Saat Hamil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *