Hal-hal Yang Harus diperhatikan Bagi Penderita Diabetes Sebelum Puasa

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hal-hal yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes sebelum puasa. Puasa Ramadhan memang sebuah kewajiban bagi setiap ummat muslim. Namun bagi penderita diabetes ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankannya yaitu dengan memeriksakan kadar HbA1c

Apabila hasil dari pemeriksaan HbA1c anda berkisar kurang dari 7, maka anda tergolong aman dalam menjalankan ibadah puasa.

sumber gambar : tribunnews.com

Penderita diabetes memang sangat rentan mengalami hipoglikemia (penurunan kadar gula darah) dan hiperglikemia (peningkatan kadar gula darah), terlebih saat menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga : Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Diabetes

Beberapa gejala yang wajib diwaspadai oleh penderita diabetes adalah bila merasakan rasa lapar yang berat, keluar keringat dingin dan badan terasa sangat lemas. Jika mengalami gejala demikian, segera cek kadar gula anda. Apabila nilainya sekitar 70, maka anda harus berhenti berpuasa agar tidak membahayakan kesehatan. Jika dipaksa terus berpuasa. Maka anda bisa tak sadarkan diri dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Baca Juga  Lakukan Tips Ini Untuk Menyingkirkan Jerawat Pada Punggung

Selain kondisi hipoglikemia, penderita diabetes juga harus mewaspadai hiperglikemia (tingginya kadar gula darah). Kondisi ini sering terjadi akibat makan yang berlebihan saat datang waktu berbuka puasa.

Ada hal lain yang tak kalah penting dilakukan bagi penderita diabetes sebelum memutuskan untuk menjalankan puasa. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter tentang obat dan dosis yang harus anda minum selama menjalankan puasa. Hal ini erat kaitannya dengan dosis insulin yang diberikan.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa Wanita Sulit Menikah Kembali Setelah Cerai

Memilih menu makanan saat sahur dan berbuka juga menjadi hal yang sangat penting. Sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memilih jenis makanan yang mengandung banyak protein saat sahur.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama puasa, maka disarankan banyak konsumsi buah yang kaya kandungan serat saat sahur.

Untuk jenis buah yang bagus bagi mereka yang mempunyai diabetes saat menjalani puasa adalah kurma. Makan buah kurma saat berbuka puasa bisa mencegah melonjaknya kadar gula secara drastis.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kecanduan Ngemil Berlebihan

Artikel Terkait : Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Mengkonsumsi Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *