Gigi Sensitif Akan Rentan Kambuh Saat Berpuasa

header niko 728 x 90

gigi ngilu

InspirasiBersama.com – Mengalami ngilu pada gigi sensitif saat berpuasa menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi rasa ngilu terjadi pada saat berbuka puasa yang merupakan saat-saat yang kita tunggu karena seharian kita sudah menahan lapar dan dahaga. Kondisi ini terjadi karena adanya rangsangan makanan yang manis serta minuman dingin yang biasanya kita santap saat berbuka puasa.

Seseorang yang mengalami gigi sensitif, maka terjadi pengelupasan lapisan dentin gigi yang membuat saraf gigi lebih rentan untuk tersentuh lingkungan luar seperti makanan dan minuman. Jenis makanan yang sering menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif adalah makanan yang dingin, panas, pedas, manis dan asam.

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Defisiensi Vitamin D

Penyebab lain yang membuat gigi sensitif sering kambuh pada saat berpuasa adalah dikarenakan menurunnya produksi air liur pada mulut yang membuat perlindungan pada gigi menurun. Menurunnya produksi urin disebabkan karena menurunnya asupan makanan karena puasa.

Apakah rasa ngilu pada gigi sensitif bisa dicegah ? Bisa. Caranya adalah dengan memilih pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif. Setelah menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, selanjutnya anda bisa menggunakan obat kumur atau mouthwash khusus gigi sensitif. Carilah jenis obat kumur yang tidak mengandung alkohol sehingga bisa melindungi gigi sensitif kita selama berpuasa seharian.

Baca Juga  Seberapa Penting Mengkonsumsi Suplemen Kunyit ?

Apabila kita menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, maka akan membuat masalah gigi sensitif lebih serius. Kandungan alkohol dalam obat kumur justru akan merusak jaringan lunak pada gigi.

Obat kumur yang khusus untuk gigi sensitif biasanya mengandung potassium nitrat yang mempunyai manfaat melindungi gigi terhadap rasa ngilu. Disamping mengandung potassium nitrat, obat kumur gigi sensitif juga mengandung fluoride yang mampu mencegah agar gigi tidak mudah berlubang.

Baca Juga  Cara Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dengan Minuman Alami

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengusir Bau Mulut Saat Puasa 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *